Malformasi Kloaka, Seorang Perempuan Hamil Lewat Anal Seks

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2015 23:26 WIB
Malformasi Kloaka, Seorang Perempuan Hamil Lewat Anal Seks ilustrasi ibu hamil (Thinkstock/shironosov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suatu malam, seorang perempuan muda yang tengah hamil dilarikan ke UGD rumah sakit karena mengalami bercak perdarahan. Namun anehnya, darah ini keluar dari bagian rektumnya. Ini adalah hal yang tak biasa dalam dunia kedokteran dan kehamilan.

Namun nyatanya dokter menemukan hal lain penyebab terjadinya kasus ini. Perempuan ini terlahir dengan kelainan kloaka (Cloaca malfunction). Hal ini berarti bahwa saat dilahirkan, ia tak memiliki uretra, vagina dan anus. Ia hanya memiliki satu lubang pembuangan yaitu kloaka. Kloaka ini juga dimiliki oleh burung.

Kondisi ini terbilang sangat langka. Brian Steixner, urologis dari Jersey Urologi Grup di Atlantic City, mengatakan bahwa kejadian ini mungkin terjadi dengan perbandingan 1:25.000. Namun ia mengaku kejadian ini belum diketahui penyebabnya. Biasanya hal ini terdiagnosa saat baru lahir dan dioperasi untuk membuat uretra, vagina dan rektum.


Entah karena apa, setelah operasi tubuhnya justru membentuk fistula (jaringan tak normal di antara organ). Akhirnya uterusnya menyatu dengan rektum. Namun seperti perempuan lainnya ia pun mengalami menstruasi setiap bulannya lewat anusnya. Sementara, vaginanya entah berada di mana.

Steixner mengatakan bahwa perempuan ini sengaja melakukan anal seks agar bisa hamil. "Dia hamil karena anal seks," katanya kepada Womans Health.

Beberapa bulan kemudian, ia pun menjalani operasi caesar untuk mengeluarkan si bayi. Para dokter beranggapan bahwa ia tidak perlu mencoba untuk melahirkan normal seperti perempuan lain. Pasalnya, dengan kasus ini, si perempuan akan mengeluarkan anaknya seperti saat ia akan buang air besar. Bayinya lahir dengan sehat. Steixner mengaku dia tak tahu lagi apa yang terjadi pada perempuan itu setelah punya bayi.

Menurut dia, kasus hamil lewat anal seks karena malformasi kloaka adalah hal yang sangat jarang. Lahir dengan kloaka saja sudah jadi masalah yang rumit, sekalipun dioperasi saat lahir.

"Membangun dinding pemisah untuk memisahkan tiga bagian (uretra, vagina dan rektum adalah pekerjaan yang rumit," katanya. "Semakin lama membuat dinding pemisah, maka akan semakin mendekati uretra dan sfingter anal. Beberapa perempuan yang memiliki masalah ini menderita kebocoran urine dan tinja sepanjang hidupnya. Ini berdampak pada kualitas psikologis dan jadi masalah besar dalam hidup mereka."


(chs/mer)