Kesuburan Perempuan Menurun Drastis di Usia 37 Tahun

Windratie, CNN Indonesia | Rabu, 17/06/2015 18:26 WIB
Kesuburan Perempuan Menurun Drastis di Usia 37 Tahun Berdasarkan penelitian tingkat kesuburan perempuan menurun drastis di usia 37 tahun. (Getty images/ Thinsktock/LuminaStock))
Jakarta, CNN Indonesia -- Para bintang Hollywood yang mengandung anak di usia 40-an, seperti Nicole Kidman dan Mariah Carey, memberikan perempuan-perempuan harapan palsu tentang menjadi seorang ibu, kata beberapa dokter memperingatkan.

Mereka berkata, para selebriti yang memamerkan 'bayi-bayi ajaib' mereka itu kebanyakan menggunakan donor sel telur atau IVF (in vitro fertilisation) atau bayi tabung.

Karena mereka tidak mengumumkan hal tersebut ke publik, para penggemar mereka gagal menyadari bahwa kesuburan menurun secara drastis setelah usia 37.


“Jika lebih banyak selebriti yang mau bicara mengenai hal tersebut, itu lebih baik untuk dunia kedokteran kesuburan,” kata Adam Balen dari British Fertility Society.

Isu ini menjadi sorotan saat menjadi sebuah penelitian melaporkan, pada usia 44 seorang perempuan akan 20 kali lebih sulit untuk hamil melalui bayi tabung, dibandingkan ketika usia mereka 39 tahun.

Semakin cepatnya jam biologis berarti, perempuan di pertengahan 40-an hanya memiliki kemungkinan sebesar 1,3 persen kemungkinan untuk pengobatan kesuburan bekerja.

Namun, pada usia 38 atau 39, tingkat keberhasilan pengobatan kesuburan sebesar 23,6 persen. Titik di mana kesuburan menurun secara signifikan adalah pada usai 38, berdasarkan penelitian Marta Devesa, dokter dari Rumah Sakit Universitari Quiron-Dexeus di Barcelona.

Laporan tersebut berasal dari sebuah klinik di Spanyol yang menangani 4,195 pasien dalam dua belas tahun. Beberapa dari mereka melakukan upaya in vitro fertilization.

“Laporan tersebut mengatakan, sungguh sia-sia (melakukan pengobatan kesuburan) pada usia 44 dan seterusnya,” katanya. Seperlima pasien yang melakukan pengobatan bayi tabung di Inggris berusia 40-an.

Devesa mengatakan, betapa terkejutnya pasien-pasien yang lebih tua mengetahui betapa rendah peluang mereka.

“Tidak banyak orang yang tahu tentang penurunan kesuburan terhadap usia,” tambahnya.

“Dan kehamilan pada perempuan yang lebih tua termasuk di antara para selebriti tidak membantu kami karena sebagian besar dari mereka mendapatkan sumbangan sel telur.”

Salah seorang bintang yang telah terbuka tentang kehamilan mereka di antaranya adalah aktris Nicole Kidman. Saat anak keduanya lahir melalui ibu pengganti usianya saat itu adalah 43 tahun. Juga Mariah Carey yang memiliki anak kembar dari program bayi tabung saat usianya 41 tahun.



(win/mer)