Tips Mengatasi Rambut Rontok bagi Perempuan Berhijab

Masyaril Ahmad, CNN Indonesia | Jumat, 03/07/2015 16:38 WIB
Tips Mengatasi Rambut Rontok bagi Perempuan Berhijab Ilustrasi (Thinkstock/Ingram Publishing)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekarang perempuan tidak perlu cemas dalam merawat rambut saat menggunakan hijab, asal tahu caranya. Rambut berhijab cenderung mengalami kerontokan, gatal-gatal, dan ketombe. Lalu bagaimana perawatan rambut untuk perempuan berhijab?

Dokter kulit dari RSPAD, Lilik Norawati, memberikan beberapa tips bagaimana cara merawat rambut untuk perempuan berhijab.

"Tentunya untuk merawat rambut kita perlu memilih hijab yang bisa menyerap kringat,” kata Lilik menyarankan, saat ditemui di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (3/7).


Selain itu, Lilik juga menyarankan perempuan berhijab jangan menggunakan hijab dalam keadaan rambut basah, jangan menggunakan karet rambut yang terlalu kencang, dan keramas teratur dengan menggunakan vitamin dan masker rambut agar terbebas dari kerontokan.

“Menyisir sebelum atau sesudah menggunakan hijab, dengan cara itu dapat terbebas dari kerontokan, ketombe dan sebagainya,” katanya melanjutkan.

"Salah satu kesalahan orang berkerudung biasanya karena setelah keramas mereka cepat-cepat dalam keadaan basah langsung ditutup, itu yang menjadi masalah. Rambut menjadi apek, menjadi terperangkap, sehingga menyebabkan rambut patah atau rontok. Biarkan kering dulu baru memakai kerudung.”

Tak hanya itu, Lilik juga memberikan beberapa tips untuk merawat kesehatan rambut bagi perempuan berhijab:

1. Kenali jenis rambut

Secara umum, ada berbagai jenis rambut seperti rambut kering, berminyak, normal, rambut keriting, rambut halus, dan lainnya. Anda harus mengenal jenis rambut sendiri, dengan begitu And dapat dengan mudah memilih sampo yang tepat. Selain itu, jangan lupa juga menggunakan kondisioner dan lakukan pemijatan dengan menggunakan ujung jari karena dapat melancarkan aliran darah.

2. Minimalkan menyisir rambut

Setelah Anda mencuci rambut, jangan langsung menyisir rambut dengan menggunakan sisir rambut ,tapi gunakanlah jari-jari tangan. Karena pada saat basah rambut akan lebih mudah patah.

Cara menyisir pun harus perlahan, terutama untuk rambut yang panjang. Jangan menyisir mulai dari pangkal, tetapi dari cukup di bagian ujung saja. Salah cara menyisir dapat menyebabkan kerontokan.

Sisir yang digunakan ujungnya harus tumpul dan terbuat dari bahan plastik. Jangan gunakan sisir yang terbuat dari kayu karena dapat merusak kutikula rambut.

“Meminimalkan sisiran dapat mengurangi kerusakan rambut. Untuk rambut yang berhijab cukup menyisir sebelum dan setelah memakai hijab,” ujar Lilik.

3. Kurangi menggunakan alat pemanas

Jika dalam keadaan yang tidak terburu-buru, mengeringkan rambut dengan cara alami jauh lebih menyehatkan rambut. Tetapi jika Anda tidak mempunyai waktu, sebaiknya gunakan alat pemanas seperti hair dryer dengan setelan panas yang paling rendah.


(mer)