Rasio Jari Pria Bisa Menunjukkan Kepribadian Kencannya

Windratie, CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2015 07:38 WIB
Laki-laki yang jari telunjuknya lebih pendek dari jari manis, lebih cenderung menghabiskan uang untuk mengesankan perempuan. Laki-laki yang jari telunjuknya lebih pendek dari jari manis, lebih cenderung menghabiskan uang untuk mengesankan perempuan. (Getty images/ Thinsktock/Jacob Wackerhausen)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apakah teman kencan Anda laki-laki yang murah hati? Untuk mengetahui hal tersebut jangan tanya soal pekerjaannya atau bahkan melihat isi dompetnya. Cukup minta dia memperlihatkan jari tangannya.

Jawaban rasa penasaran Anda bisa jadi tersembunyi pada panjang jari-jari tangannya. Penelitian terbaru mengungkap, rasio jari laki-laki menentukan, apakah dia akan membayar makan malam Anda atau tidak.

Jika jari telunjuk atau jari kedua laki-laki lebih pendek dari jari manisnya (ring finger), maka dia lebih cenderung menghabiskan uang untuk mengesankan perempuan. Itu artinya, lelaki ini akan lebih mungkin memanjakan orang yang dia cintai dengan bunga, cokelat, dan membayarkan malam malam.


Tak cuma itu, lelaki ini juga lebih mungkin menjadi tipe laki-laki yang sering pergi ke pusat kebugaran, mengenakan pakaian bergaya, dan memakai aftershave. Dia juga adalah tipe laki-laki yang mengeluarkan upaya lebih besar untuk mengajak kencan perempuan. Gairah seksnya, mungkin juga lebih tinggi.

Para ilmuwan mengatakan, hal tersebut disebabkan karena paparan hormon testosteron dan estrogen di dalam rahim membentuk panjang jari-jari kita. Semakin pendek jari telunjuk, dibandingkan dengan jari manis, maka semakin tinggi tingkat testosteron laki-laki tersebut, seperti diungkap oleh penelitian sebelumnya.

Jari telunjuk pendek dan jari manis yang lebih panjang disebut sebagai jari kemaskulinan. Lelaki yang menunjukkan pola ini akan cenderung memiliki karakter lebih agresif dan menyukai olahraga.

Sebaliknya berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Psychology ini, lelaki dengan jari telunjuk lebih panjang dari jari manis, adalah tanda paparan estrogen dalam rahim yang disebut sebagai 'jari feminin'.

Sebagai bagian dari penelitian baru, psikolog ingin mengetahui, apakah panjang jari bisa memprediksi kepribadian kencan seseorang.

Mereka pun melakukan dua penelitian terhadap mahasiswa. Temuan menunjukkan, lelaki dengan 'jari maskulin' lebih mungkin melakukan upaya yang lebih besar untuk mengesankan pacar atau calon pasangan.

Untuk menarik perempuan, laki-laki dengan jari maskulin lebih cenderung membelikan makan malam di restoran yang bagus, memakai cologne istimewa, memakai pakaian trendi, pergi ke gym, pergi ke luar menemui perempuan-perempuan, dan memamerkan barang-barang mahal ke perempuan, kata Marcelo Nepomuceno, dari Universitas Montreal.

Namun, mereka mengatakan, testosteron tidak mendorong perempuan untuk melakukan tindakan serupa. Sebaliknya, mereka menemukan bahwa perempuan dengan jari feminin lebih mungkin melakukan upaya lebih besar untuk mengesankan orang yang dicintainya.

Mereka cenderung memakai make-up, mengenakan baju-baju indah, menggunakan parfum spesial, pergi ke luar bergaul dengan laki-laki, memakai kalung, memakai krim kecantikan, perhiasan dan anting-anting.

(win/mer)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK