Baju Baptis Putri Charlotte Penuh Sejarah Kerajaan Inggris

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2015 12:46 WIB
Baju Baptis Putri Charlotte Penuh Sejarah Kerajaan Inggris Putri Charlotte (REUTERS/Chris Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam pesta pembaptisannya di gereja St. Mary Magdalene, Putri Charlotte terlihat sangat anggun. Dia dipakaikan gaun wajib pesta pembaptisan keluarga Inggris. Gaun ini adalah gaun yang sama dengan gaun yang digunakan kakaknya, Pangeran George 1,5 tahun yang lalu.

Gaun lace panjang berstruktur dengan lengan melebar yang dipakainya merupakan gaun penuh sejarah. Bukan hanya sejarah karena dipakai sang kakak, namun gaunnya juga penuh sejarah dari Kerajaan Inggris.

Gaun ini adalah gaun yang sama dengan gaun yang dipakai para tetua Kerajaan Inggris. Gaun ini pertama kali dibuat untuk gaun pembaptisan putri pertama Ratu Victoria, Putri Victoria tahun 1841 lalu.


Gaun penuh embroidery merupakan kreasi dari desainer Janet Sutherland dari Falkirk, Skotlandia. Berkat karyanya-karyanya ini dia dianugerahi gelar Embroiderer to the Queen dari kerajaan. Dia mulai mendesain ini sejak usia 34 tahun. Sutherland adalah putri dari seorang penambang batu bara. Dia meninggal tahun 1852 dan berusia 45 tahun.

"Saya sangat bangga karena seorang perempuan biasa dengan latar belakang kelas pekerja bisa merancang jubah yang indah untuk kerajaan," kata keponakan Sutherland, Patricia Perry.

Semenjak dipakai oleh Putri Victoria, semua bayi keturunan Kerajaan Inggris dibaptis menggunakan pakaian yang sama. Ini menjadi baju wajib pembaptisan anggota keluarga Inggris, setidaknya sampai tahun 2004. Beberapa bayi kerajaan ini termasuk Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Pangeran William, Pangeran Harry.

Namun tahun 2004 lalu, Ratu Elizabeth memutuskan bahwa gaun yang dibuat dari lapisan halus satin sutra berwarna gading ini menjadi terlalu ringkih untuk digunakan. Oleh karenanya dia memutuskan untuk membuat replika baju tersebut. Ratu Elizabeth menugaskan desainer couture favoritnya, Angela Kelly untuk membuat replika baju baptis tersebut.

Tim penjahit mulai membuat baju tersebut di Istana Buckingham. Mereka menduplikasi semua detail yang ada di dalam baju tersebut, termasuk kerah tinggi dan lainnya. Baju replika ini pertama kali digunakan pada pesta pembaptisan James, Viscount Severn, putra Pangeran Edward di tahun 2008 lalu.

Gaun tersebut kembali digunakan oleh Pangeran George, putra pertama Pangeran William-Kate Middleton. Baju ini digunakan saat pesta pembaptisannya di bulan Oktober 2013. Dan sekarang, Putri Charlotte pun kini memakai gaun tersebut.




(chs/mer)