Rumus Algoritme Matematika untuk Temukan Cinta Sejati

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 12/07/2015 11:28 WIB
Kenyataannya, matematika bisa digunakan untuk mencari pekerjaan impian atau mencari cinta. ilustrasi (Creatas Images/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pikir lagi kalau Anda sempat beranggapan bahwa ilmu matematika hanya berguna saat belanja saja. Karena kenyataannya, matematika bisa digunakan untuk mencari pekerjaan impian atau mencari cinta.

Ahli matematika Hannah Fry mengungkapkan bahwa hanya dengan menerapkan prinsip dasar matematika bisa membantu kehidupan cinta Anda. Mengutip Your Tango, dalam bukunya, the Mathematics of Love, ia menjelaskan bagaimana matematika bisa selalu bekerja dan mendukung Anda jika Anda mengambil inisiatif.

"Saya pikir kita semua sepakat kalau ahli matematika terkenal hebat untuk urusan menemukan cinta. Tapi itu bukan karena kepribadian yang gagah, keterampilan berbicara atau kemampuan menyelesaikan soal," katanya.


"Namun ini lebih karena kita (ahli matematika) sudah banyak sekali melakukan berbagai hal dalam matematika sehingga bisa belajar bagaimana caranya menemukan pasangan yang sempurna."

Lalu apa rumus atau persamaan matematika yang bisa digunakan untuk membantu kehidupan percintaan Anda?

Untuk kasus ini, Fry menyarankan untuk menggunakan algoritme Gale-Shapley. Dalam kasus ini, ia berpendapat bahwa sebenarnya cinta jauh lebih membingungkan dibanding matematika.

Fry mencontohkan bagaimana cara algoritme ini bekerja untuk cinta.

Tiga anak laki-laki mengobrol dengan tiga gadis di sebuah pesta. Dengan hal ini setiap peserta punya kesempatan untuk bisa mendapat pasangan.

Jika ini adalah situasi kencan ala 1950-an di mana perempuan menunggu didekati laki-laki terlebih dulu, maka ini artinya, pria yang membuat pilihan atas perempuan. Jika si gadis menolak maka pria akan mendekati gadis kedua pilihannya.

Cara ini sangat menguntungkan untuk pria. Mereka memiliki beberapa pilihan. Pilihan pertama atau pilihan kedua.

Para gadis tidak seberuntung pria. Karena mereka harus menunggu dipilih oleh pasangan idaman mereka. Beruntung kalau mereka masih bisa dapat pasangan. Hanya saja, nasib berkata lain jika ternyata gadis pilihan pertama pria yang disukainya ternyata menerimanya.

Terlepas dari berapa banyak anak laki-laki dan perempuan yang ada, setiap kali ada yang mendekat, maka ada empat kemungkinan yang muncul.

1. Semua orang akan menemukan pasangan
2. Setelah semua menemukan pasangan, tak ada laki-laki dan perempuan yang bisa menemukan kebahagiaan yang sama ketika mereka berpasangan dengan orang lain.
3. Setelah semua menemukan pasangan, setiap pria akan mendapatkan pasangan terbaik untuk mereka.
4. Setelah semua menemukan pasangan, setiap perempuan akan mendapatkan setidaknya seseorang yang lebih buruk dari semua yang pernah mendekatinya.

Masih bingung?

Algoritme cinta ini menunjukkan bahwa orang yang mengambil risiko (dari menyatakan cinta, menghadapi penolakan sampai mendapatkan pilihan terbaik) adalah contoh yang baik. Sementara itu, orang yang selalu menunggu akan selalu menjadi opsi terakhir.


(chs/mer)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK