Makanan Berbuka Puasa Populer dari Seluruh Dunia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2015 16:00 WIB
Makanan Berbuka Puasa Populer dari Seluruh Dunia ilustrasi (szefei/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah berpuasa seharian, waktu berbuka puasa tentunya sangat ditunggu-tunggu. Beragam menu berbuka puasa yang nikmat dan menggugah selera pasti jadi pilihan.

Hanya saja, sebenarnya pilihan berbuka puasa yang paling standar adalah air putih, kurma, jus, susu atau buah. Menurut sunah Rasul, umat Muslim disarankan untuk berbuka puasa menggunakan tiga buah kurma.

Hanya saja dalam perkembangannya, makanan berbuka puasa yang disajikan memang lebih bervariasi. Bahkan setiap negara punya santapan khas berbukanya sendiri. Misalnya kolak pisang atau es buah untuk berbuka puasa ala masyarakat Jakarta.


Lalu apa saja makanan berbuka puasa khas negara-negara lain di dunia?

1. Hyderabad, India
Masyarakat di Hyderabad biasa berbuka dengan Haleem. Haleem ini menyerupai bubur gandum disertai dengan potongan daging domba. Namun selain daging domba, daging sapi juga sering digunakan.

Selain itu makanan terpopuler lainnya adalah pakora. Pakora merupakan sejenis gorengan yang terbuat dari campuran bawang, brokoli, terong, kentang, bayam, tomat, dan kadang dengan roti atau ayam.

2.  Tamil Nadu dan Kerala
Tamil Nadu dan Kerala berbuka dengan nombu kanji, makanan yang terbuat dari daging, sayur dan bubur.

Selain itu, makanan berbasis nasi yang juga populer adalah nasi briyani, pulao dan mutton curries. Sedangkan makanan penutupnya adalah sherbet.

3. Afghanistan
Biasanya penduduk setempat menyantap nasi dengan sup dan kari daging berbumbu bawang, kebab dan pulao.

4. Bangladesh dan Pakistan
Makanan populernya adalah jalebis, haleem, parathas, kari daging, salad buah. Mereka juga biasanya menyantap kebab, piyajoo, dan beguni yang paling populer.

Di Pakistan, makanan yang khas adalah samosa. Hidangan gorengan berbentuk segitiga ini merupakan hidangan yang populer karena kelezatan dan rasa gurihnya.


(chs/mer)