Belajar Menguap dengan Tepat dari Gwyneth Paltrow

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 15/07/2015 13:51 WIB
Belajar Menguap dengan Tepat dari Gwyneth Paltrow ilustrasi (Thinkstock/Marina Bartel
Jakarta, CNN Indonesia -- Semua orang pasti bisa menguap. Menguap biasanya dilakukan secara otomatis ketika Anda merasa mengantuk atau lelah. Namun sebenarnya, menguap itu jauh lebih rumit daripada yang Anda pikir... Ya, setidaknya ini menurut Gyneth Paltrow.

Mengutip Huffington Post, aktris ini mengungkapkan berbagai hal seputar menguap. Jika Anda memaksa diri untuk menguap, dia meminta Anda untuk tak lagi melakukan hal ini.

Paltrow menjelaskan, menekankan betapa pentingnya untuk bisa menguap secara alami.


"Ada persepsi lain yang mengungkapkan bahwa menguap itu berarti Anda bosan. Tapi kenyataannya menguap sebenarnya adalah sebuah mekanisme yang penting untuk melepaskan stres," kata Michael Lear, praktisi yoga dan meditasi.

"Untuk beberapa alasan, ini adalah cara yang bagus. Percayalah bahwa tubuh Anda tahu bagaimana cara untuk mengkalibrasi diri sendiri."

Selain itu, ada sejumlah teori lain tentang menguap, misalnya sebagai sebuah tanda kekurangan oksigen. Namun hal ini tak terbukti benar-benar terjadi. Hanya saja sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa menguap bertujuan untuk mendinginkan otak.

Hal ini pulalah yang membuat Anda lebih sering menguap selama musim dingin. Dengan udara luar yang lebih dingin, akan membuat otak jadi lebih dingin.

Hal inilah yang kemudian membuat Paltrow akhirnya terfokus pada cara menguap yang tepat. Dikatakannya, cara menguap yang salah akan menyebabkan robekan.

Lalu bagaimana cara menguap yang tepat versi Paltrow?

1. Sandarkan kepala Anda ke posisi yang nyaman. Kemudian biarkan mulut Anda terbuka lebar dengan kepala dalam posisi demikian.

2. Gunakan teknik pernapasan Ujjayi atau pernapasan lembut. Akhiri menguap dengan bernapas lewat hidung dan mulut tertutup. Bernapaslah dalam-dalam lewat mulut.

3. Lakukan inhale dan exhale selagi membuat bahu Anda terasa santai.

4. Ketika Anda ingin menguap, biarkan secara alami dan perlahan sampai menarik otot dagu.

5. Ulangi 8-10 kali sampai keluar air mata.



(chs/chs)


ARTIKEL TERKAIT