Pengalaman Wisata Kuliner yang 'Mengerikan' di Korea Utara

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 11/08/2015 11:24 WIB
Pengalaman Wisata Kuliner yang 'Mengerikan' di Korea Utara Elliot menggambarkan bahwa sensasi makan di Korea Utara adalah makanan yang paling buruk seumur hidupnya (Klinkow/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berbeda dengan Korea Selatan, negara Korea Utara sangat sulit untuk dikunjungi. Tak sembarang orang bisa masuk dan berwisata di negara Kim Jong Un tersebut.

Salah satu kesempatan langka dan mahal ini didapatkan oleh pegolf profesional asal Tasmania, Australia, Elliot Davies. Kesempatan tersebut tak disia-siakan Elliot. Dia mengambil foto dan mengunggah 100 foto di Reddit.

Bukan cuma itu, Elliot juga ikut dalam AMA (Ask Me Anything). Dia pun mendapat banyak pertanyaan seputar kunjungannya itu. Salah satu orang bertanya dan memintanya untuk bercerita tentang kuliner Korea Utara.


Tak disangka, jawaban Elliot tentang makanan Korea Utara ternyata membuat pelancong harus berpikir ulang untuk ke sana.

"Kami makan ikan mentah di Wonsan. Bahkan saking mentahnya, ikan itu masih menggelepar di piring. Karena ketakutan, seorang pria di meja kami hampir jatuh dari kursinya dan berpikir kalau dia habis melihat hantu. Tapi, ya ampun, saya senang Anda menyinggung makanannya," tulis Elliot, dikutip dari The Daily Meal.

"Itu sangat buruk. Saya tidak bisa menggambarkannya. Sebenarnya, bisa saja."

Bahkan ia mengatakan kalau deskripsi paling tepat untuk menggambarkannya adalah makanan paling buruk yang pernah dicoba seumur hidupnya.

Ditambahkan dia, semua orang (yang datang bersamanya) merasa muak dengan makanan yang disajikan selama perjalanan. Sekali waktu, Anda tak tahu makanan apa yang akan disantap, tapi mereka membawakan berton-ton 'makanan' itu.

"Ada banyak pilihan yang ada di piring, tapi sebagian besar semuanya dingin dan tak ada yang segar. Mungkin karena itu memang tidak segar."

"Beberapa makanan cukup oke. Kami makan pizza di satu-satunya restoran pizza di Korea Utara. Mereka mengirim chefnya ke Italia untuk belajar membuatnya. Makanan itu cukup oke. Kimchi ada di setiap makanan, demikian juga tofu. Kami makan sushi dan terasa aneh, barbeque Korea dan bibimbap yang cukup enak. Tapi saya tidak makan sup daging anjing."

Dikatakan Elliot, makanan lain yang disantapnya adalah kentang goreng. Dia menggambarkan bahwa kentang goreng ini dipotong besar, bahkan lebih besar dari ukuran tangan.

"Pelayan berada di sekitar meja untuk menonton Anda makan. Dan ketika makanan di meja sudah habis, mereka langsung mengisi ulangnya dengan cepat. Porsi makanan ini tak bisa dipercaya."




(chs/chs)