Yang Terjadi di Tubuh Satu Jam Setelah Meneguk Minuman Energi

Windratie, CNN Indonesia | Kamis, 20/08/2015 07:39 WIB
Yang Terjadi di Tubuh Satu Jam Setelah Meneguk Minuman Energi Minuman energi memberikan semangat tapi hanya untuk jangka waktu satu jam saja. (Getty images/ Stockbyte/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Minuman energi memberikan semangat tapi hanya untuk jangka waktu satu jam saja.

Minuman energi akan memompa tinggi semangat Anda untuk waktu yang singkat, tapi memerlukan dua belas jam untuk keluar sepenuhnya dari sistem pencernaan di tubuh. Informasi tersebut berdasarkan grafis terbaru tentang bagaimana minuman energi memengaruhi tubuh, seperti dilansir dari laman NYDaily.

Grafis yang dimuat pada situs belanja Personalise.co.uk tersebut, tidak secara spesifik menyebutkan merek minuman energi. Namun, situs tersebut menyertakan foto minuman energi kalengan tersebut dengan label yang dihapus.


Infografis tersebut mengatakan, dalam waktu sepuluh menit, jantung dan tekanan darah melonjak. Dalam waktu 15 sampai 45 menit, Anda akan merasa sangat waspada. Namun minuman  yang sekalengnya berisi 27 gram gula tersebut langsung menuju aliran darah, dan berpotensi membuat kerusakan pada orang-orang yang meminumnya.

Dibutuhkan sekitar 12 jam agar kafein dapat sepenuhnya keluar dari aliran darah, dan sampai 24 jam kemudian Anda baru akan merasakan gejala menghilang. Setelah tujuh sampai 12 hari menenggak secara konstan minuman energi, tubuh akan terbiasa dengan minuman itu dan merasakan bahwa efeknya berkurang.

Namun, kafein bukan satu-satunya masalah, kata seorang ahli gizi dari New York Brooke Alpert. Secangkir kopi yang memiliki 100 miligram kafein mengandung kafein lebih banyak dari minuman energi 80 miligram.

Jumlah gula yang sangat tinggi per kaleng melebihi jumlah gula dalam sebatang cokelat. Alpert mengatakan, minuman energi adalah minuman yang mengadung kadar gula tinggi. Dosis gula yang tinggi membuat Anda menginginkan minuman itu terus-menerus sehingga tidak bisa lepas dari minuman tersebut setiap hari.

Alpert menganjurkan, jika Anda memerlukan dorongan energi, minumlah secangkir kopi, tapi jangan pakai susu murni atau tambahan whipped cream, yang membuat kalori kopi Anda lebih seperti milkshake.

Di situsnya, minuman energi Red Bull berisi bahan utama kafein, taurin, vitamin B, dan gula. Perusahaan minuman ini juga mengatakan, mereka juga menyediakan pilihan minuman energi bebas gula.


(win/utw)