Laporan dari Singapura

Cara Chef David Myers Hilangkan Pestisida dari Sayuran

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 16/08/2015 14:28 WIB
Cara Chef David Myers Hilangkan Pestisida dari Sayuran ilustrasi zucchini dan terung (morgueFile/MaxStraeten)
Singapura, CNN Indonesia -- Meski pestisida berguna untuk menghilangkan hama pengganggu tanaman selama masa tanam. Namun, produk ini akan juga bisa menempel pada kulit tanaman, bahkan setelah panen.

Pestisida ini akan sangat berbahaya ketika makanan ini masuk ke dalam tubuh. Oleh karenanya, aneka sayur dan buah ini harus dibersihkan dulu sebelum dimakan.

"Sebenarnya dicuci dengan air saja, pestisida belum akan hilang sepenuhnya," kata koki selebriti restoran Adfit, David Myers saat masterclass Epicurean Market, Marina Bay Sands, Singapura, Kamis (14/8).


"Gunakan saja garam."

Myers mengatakan, cara tersebut banyak digunakan oleh masyarakat Jepang untuk menghilangkan sisa pestisida di sayuran, khususnya zuchinni.

"Caranya, taburi zucchini utuh dengan garam," katannya.

Setelah semua bagian dilapisi dengan garam. Kemudian Letakkan zucchini di talenan kemudian gunakan tangan untuk menggulung-gulung zucchini. Lakukan sambil diberi tekanan sedikit. Setelah merata, diamkan zucchini selama 10 menit.

"Setelah 10 menit, zuchhini akan berair. Bersihkan dengan lap bersih atau tisu kertas. Kemudian potong-potong sesuai kebutuhan," ucapnya.

Sesudah dipotong, masukkan potongan dalam wadah. Kemudian remas-remas sedikit dan buang air yang masih tersisa.

(chs/chs)


ARTIKEL TERKAIT