Mencicipi Hidangan Khas Nusantara di Hari Kemerdekaan

Masyaril Ahmad, CNN Indonesia | Senin, 17/08/2015 15:51 WIB
Mencicipi Hidangan Khas Nusantara di Hari Kemerdekaan Menu khusus menyambut HUT RI ke-70 di Cafe Gran Via, Gran Melia, Jakarta. (CNN Indonesia/Masyaril Ahmad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Kemerdekaan biasanya kita rayakan dengan berbagai festival nusantara atau lomba-lomba permainan tradisional. Anda juga bisa merayakan Hari Kemerdekaan dengan menikmati berbagai hidangan khas nusantara yang hadir di Cafe Gran Via, Gran Melia, Jakarta.

"Masakan nusantara itu bisa membangkitkan nasionalisme karena seperti kita ketahui kebudayaan dari luar semakin menjamur. Dengan menikmati masakan asli nusantara kita tidak akan lupa dengan budaya dan ciri khas Indonesia,” kata Raymond, Officer Humas Gran Melia, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Berbagai hidangan khas nusantara tersedia di Cafe Gran Via dengan konsep buffet, mulai dari masakan Indonesia yang sering kita makan sampai masakan yang mungkin belum Anda kenal sebelumnya, seperti ayam kodok, rujak nestapa dari Ambon, kohu-kohu, kerabu betik, selat dolo dan lainnya.


"Tahun ini kita ingin menampilkan masakan nusantara dari berbagai daerah Indonesia. Kita juga menghadirkan menu-menu yang agak langka seperti menu-menu sulawesi dan Indonesia Timur. Kita juga menyuguhkan nuasa merah putih dan itu paling terlihat di tumpeng merah putih," ujar Raymond.

Menu-menu yang ditampilkan sangat bervariasi. Setiap minggunya Cafe Gran Via mengeluarkan hidangan hingga 100 masakan dalam setiap cycle. Namun, kali ini yang sangat menonjol ada pada tumpeng berwarna merah putih, tumpeng yang sengaja dibuat untuk melengkapi menu khas nusantara dan juga menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia ke-70.

"Kebetulan kita ingin mengeksplor tumpeng merah putih karena nuansa 17-an. Di tumpeng kita menghidangkan 17 makanan Indonesia, di situ ada udang, empal, burung dara, ada ayam kampung, dan sebagainya," kata Apep Hendrawan, Executive Chef Gran Melia.

Menurut Chef Apep, dalam membuat tumpeng merah putih bahan dasarnya sama seperti kita memasak nasi uduk. Perbedaanya hanya pada variasi warna merah yang berasal dari warna alami tomat. Tumpeng merah putih 17-an ini dimasak selama kurang lebih 3-4 jam dengan dikerjakan oleh 4 chef.

"Celebration itu identik dengan tumpeng, tapi kita di sini variasiakan dengan warna merah putih dan 17 item makanan yang berjumlah 17 sesuai dengan tanggal kemerdekaan kita," ucapnya.

Berbagai hidangan nusantara ini dapat Anda nikmati dari 10-18 Agustus pada jam makan siang dan makan malam, dengan harga mulai dari Rp 285 ribu per orang.





(mer)