Komodo Dragon, Cabai Paling Pedas di Seluruh Inggris

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 21/08/2015 09:33 WIB
Komodo Dragon, Cabai Paling Pedas di Seluruh Inggris Komodo Dragon, cabai paling pedas di Inggris (Dok. Tesco)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi pencinta pedas seperti masyarakat Indonesia, pasti pedasnya satu cabai rawit tak akan membuat Anda kapok. Ingin sensasi yang sangat pedas dan membuat Anda 'terbakar'?

Kalau berani, cobalah berkunjung ke Inggris. Di sini Anda bisa bertandang ke Tesco, sebuah perusahaan yang menjual cabai paling pedas di Inggris. Namun sebenarnya, cabai-cabai paling pedas di Inggris ini dijual di berbagai supermarket di negara ini.

Cabai yang diklaim pedas ini diberi julukan sebagai Komodo Dragoon. Cabai tersebut memiliki peringkat kepedasan mencapai 1,4 juta unit Scoville.


Tingkat kepedasan Komodo Dragon hanya satu tingkat di bawah Carolina Reaper. Carolina Reaper memiliki tingkat kepedasan 1,5 unit Scoville dan dijuluki sebagai cabai paling pedas di dunia. Sebagai informasi tambahan agar Anda bisa membayangkan pedasnya cabai ini, jalapeno hanya memiliki tingkat pedas 3.500 unit Scoville.

Baca juga: Serbuan Cabai-cabai Paling Pedas di Muka Bumi

Eleanor Mansel, salah satu pembeli dan penikmat cabai tersebut mengatakan bahwa rasa cabai ini sangat menonjol. Bahkan cabai ini bisa dikatakannya bisa menciptakan reaksi tunda yang bisa membuat tertipu dalam rasa aman yang palsu.

Bisa dijelaskan bahwa saat menyantap cabai tersebut Anda akan merasa kalau cabai itu punya rasa buah yang sedikit panas. Namun 10 detik kemudian, Anda lidah Anda bakal langsung terbakar seketika karena rasa pedasnya. Cabai ini mirip seperti setan kecil yang bisa membuat lidah Anda terbakar.

Mengutip Huffington Post, cabai Komodo Dragon tumbuh di lahan 2,8 hektar di Bedfordshire, yang merupakan lahan milik Salvatore Genovese, produsen cabai terbesar di Inggris.

Saat ini Komodo Dragon adalah cabai paling 'hot' yang ada di pasaran Inggris. Biasanya Komodo Dragon dijadikan campuran untuk kari, makanan Mexico dan pizza.

Saking pedas dan panasnya Komodo Dragon, cabai dengan bentuk yang mirip cabai rawit namun punya ukuran yang lebih gendut dan warna yang merah menyala ini ada aturan sendiri untuk penggunaannya.

Ada aturan khusus untuk bisa menyentuh Komodo Dragon. Di label kemasannya, ada instruksi khusus untuk menyentuhnya, "Jangan dimakan langsung semuanya dengan utuh. Jangan pegang tanpa sarung tangan."

Selain itu Genovese juga punya trik bagi Anda yang ingin mencicipi pedasnya cabai setan ini. "Saya memberikan saran serius untuk yang tidak biasa makan cabai terlalu pedas. Sediakan susu atau yogurt di sebelah Anda untuk menghilangkan pedasnya," kata dia.


(chs/mer)