Laporan dari Singapura

Terpesona Hidangan Inggris Bread Street Kitchen Gordon Ramsay

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 24/08/2015 11:39 WIB
Terpesona Hidangan Inggris Bread Street Kitchen Gordon Ramsay Makanan yang tersedia di Bread Street Kitchen milik Gordon Ramsay, Singapura (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Singapura, CNN Indonesia -- Gordon Ramsay buka restoran di Singapura. Tentunya ini adalah kabar baik bagi para pencinta kuliner. Bagaimana tidak, nama Gordon Ramsay jadi seperti sebuah jaminan untuk bisa menikmati makanan enak.

Bread Street Kitchen dari Gordon Ramsay menambah banyak jajaran restoran milik koki selebriti di kawasan belanja The Shopes Marina Bay Sands, Singapura.

Menjejakan kaki ke dalam restoran ini, Anda akan langsung dimanjakan dengan pemandangan indah kawasan perairan Marina Bay. Dikelilingi dengan jendela kaca yang berukuran besar dan furnitur yang berwarna gelap membuat atmosfer restoran terasa mewah. Meskipun matahari masih bersinar terik kala berkunjung.


Suasana restoran (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Bayangkan saja kalau Anda berkunjung di malam hari. Sinaran cahaya lampu warna-warni yang memancar dari teluk Marina bisa terlihat dari jendela kaca yang besar itu.

Bread Street Kitchen Singapura merupakan 'cabang' dari restoran serupa di London, Inggris. Oleh karenanya, restoran ini sebagian besar mengadaptasi restoran utamanya di kota Pangeran William. Adaptasi juga dilakukan pada desain ruangan yang membawa nuansa gaya industri London Timur.

Meski bergaya industri, jangan bayangkan kalau tempatnya akan bergaya rustic. Sebaliknya, kombinasi dekorasi dan furnitur yang kontras dengan warna gelap serta tatanan cutlery serta gelas wine yang teratur ala fine dining memberi kesan tampilan restoran yang mewah dan vintage.

Konsep yang diadaptasi ini juga terlihat dari adanya open kitchen yang terletak di bagian pintu depan. Namun tentunya, open kitchen yang ada di depan ini bukanlah hot kitchen, melainkan dapur bersihnya.

Signature dish

Sea bass fillet carpaccio (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti


Di siang itu, sekalipun Bread Street Kitchen tengah ramai pengunjung yang ingin makan siang, beruntung masih bisa dapat kursi tepat di depan open kitchen. Seperti tradisi Inggris, seorang pelayan berjas rapi berwarna biru tua lengkap dengan pocket square-nya menghampiri meja dan menuangkan minuman ke gelas.

Tak berapa lama, suguhan roti-roti dan 'sepapan' balok mentega kuning disuguhkan. Ada beberapa varian roti berbeda yang disajikan. Anda bisa mencicipi roti-roti ini sembari menunggu makanan pesanan Anda diantarkan.

Ada berbagai menu dari makanan pembuka, makanan utama sampai makanan penutup yang bisa jadi pilihan. Untuk appetizer kali ini, sea bass fillet carpaccio, seared scallops, tamarind spiced chicken wings, flatbread jadi pilihan.

Sea bass fillet carpaccio merupakan cold starter atau makanan pembuka yang disajikan dingin. Disajikan di atas piring persegi panjang berwarna hitam, irisan daging ikan sea bass yang berwarna putih ini terlihat menggiurkan. Tampilan irisan ikan yang disajikan seperti salad ini ditambahkan dengan irisan jahe, dan horseradish (lobak pedas yang digunakan untuk membuat wasabi). Agar lebih nikmat, daging ikan ini disantap dengan tambahan pure alpukat yang berwarna hijau cerah.

Tak ada rasa amis yang terasa ketika menyantap daging ikan sea bass yang diiris tipis. Rasa amis ikan segar diserap oleh irisan jahe dan horseradish. Rasanya pun menyegarkan tanpa ada after taste aneh yang tertinggal di tenggorokan.

Salah satu signature dish di Bread Street Kitchen adalah flatbread yang merupakan bagian dari hot starter. Sajiannya mirip seperti pizza kotak yang tipis dan garing. Di atasnya ditambahkan butternut squash, keju taleggio, jamur, kacang pine dan basil pesto. Sensasi renyah dan lembut serta hangat langsung terasa di mulut. Namun sayang, roti renyah tipis ini punya rasa yang sangat asin. Entah apakah pengaruh dari keju taleggio atau justru karena bahan tambahan lainnya. Yang pasti bagi orang yang tak bisa menyantap makanan asin, sebaiknya hindari hidangan ini.

Nah, kalau Anda adalah pencinta ayam goreng, bisa jadi tamarind spiced chicken wings adalah santapan pembuka yang cocok. Sayap ayam berbumbu yang disajikan hangat ini punya bumbu yang nikmat. Ada selipan rasa bumbu yang kuat dan lengket di kulit luarnya yang crispy. Sekilas, ayam ini sangat mirip dengan sajian ayam goreng Korea yang terkenal. Untuk sajian yang satu ini, lebih nikmat untuk menyantapnya menggunakan tangan. Bukan dengan sendok dan garpu.

Puas menikmati santapan makanan pembuka, Anda bisa langsung menikmati makanan utama yang sudah terhidang di meja.

Kali ini sajian tradisional Inggris yang terhidang di meja. Shepherd's pie, fish & chips, baby chicken dan side dish berupa mac and cheese terlihat sempurna.

Shepherd's pie tradisional Inggris ini dibuat dengan bahan dasar daging domba. Daging domba yang dicampur dengan kentang tumbuk, bawang, irisan wortel dan crumb bawang putih ini terasa sangat kuat di lidah. Pasalnya, daging domba punya rasa dan aroma yang kuat seperti daging kambing. Sayangnya, shepherd's pie ini terasa dominan bau daging dombanya.

Hidangan yang patut jadi andalan dan mendapat acungan jempol adalah fish and chips. Terlihat biasa? Tidak juga. Meski hidangan ini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai tempat, termasuk di Indonesia, namun fish and chips Bread Street Kitchen milik Gordon Ramsay punya rasa yang berbeda.

"Ini adalah hidangan tradisional Inggris yang sangat populer. Biasanya di sana (London) disajikan dengan bungkus kertas koran," ucap Head Chef Bread Street Kitchen Singapura, Sabrina Stillhart kepada CNN Indonesia saat berada di depan gerai Bread Street Kitchen, Epicurean Market, Marina Bay Sands beberapa waktu lalu.

"Tapi di sini, tentunya kami pakai kertas bertuliskan Bread Street Kitchen," ucapnya sembari tertawa.

Diakui Sabrina, fish and chips ini termasuk salah satu hidangan yang banyak digemari. Dalam satu porsi sajiannya, daging ikan berlapis tepung dan juga kentang goreng renyah berwarna keemasan ini disajikan dengan saus. Namun bukan saus sambal biasa, tapi dua macam saus yang berbeda.

"Saus putih ini adalah saus tartar dan caper, sedangkan yang hijau bukan terbuat dari alpukat. Saus ini terbuat dari campuran bumbu, dan kacang tumbuk serta jalapeno," ucap Sabrina sembari menyebutkan beberapa bumbu untuk membuat sausnya.

Menyantap makanan ini pun tak membuat Anda merasa bersalah. Meski digoreng kering namun fish and chips ini tidak menyerap banyak minyak.

Kalau ingin yang lebih sehat dan mengenyangkan, Anda bisa mencicipi baby chicken. Sajian ini sederhana, hanya paha ayam berukuran kecil yang dipanggang sampai kecokelatan dan disajikan dengan bumbu chimichurri dan lemon panggang. Dibanding yang lain, rasa ayam ini paling light dan 'bersih.'

Segarnya makanan penutup

Dessert Platter (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Tiba saatnya untuk menuntaskan rasa lapar Anda dengan menikmati makanan penutup. Dessert platter yang dipesan ternyata merupakan gabungan dari beberapa makanan penutup.

Dessert ini antara lain terdiri dari chocolate fondant with salted caramel and mint chocolate chip ice cream, monkey shoulder cranachan cheesecake with roasted balsamic strawberries. Selain itu masih ada lagi hidangan pineapple carpaccio, passion fruit and coconut sorbet serta banana sticky toffee pudding, muscavado caramel and clotted cream.

Di antara semuanya, makanan penutup yang paling menggugah selera adalah pineapple carpaccio, passion fruit and coconut sorbet. Hidangan penutup ini merupakan perpaduan dari sorbet kelapa yang berwarna putih dengan taburan kelapa kering di atasnya. Sorbet ini disajikan dengan tambahan sejenis 'manisan' nanas yang dipotong tipis dan dicampur dengan markisa.

Rasa segar, asam dan manis serta gurih dari kelapa muda dan nanas terasa segar membilas tenggorokan. Hidangan segar ini sekaligus mampu menghilangkan sementara udara panas yang melanda Singapura.



(chs/mer)