Berakhir Pekan dengan Membuat Cokelat Matcha di Rumah

Masyaril Ahmad, CNN Indonesia | Minggu, 23/08/2015 08:15 WIB
Berakhir Pekan dengan Membuat Cokelat Matcha di Rumah Cokelat matcha buatan rumahan. (CNN Indonesia/Masyaril Ahmad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Membeli cokelat jadi di toko memang lebih mudah. Namun bukan tidak mungkin makanan yang disukai segala usia itu dibuat sendiri di rumah. Bayangkan, Anda bisa mengisi akhir pekan dengan membuat cokelat kreasi sendiri.

Salah satu kreasi yang sekarang sedang naik daun adalah matcha. Cokelat matcha cukup mudah dibuat di rumah. Anda bisa melakukannya bersama keluarga.

Chef Agus Supriyadi dari Reseach & Development Chocomorry bahkan mengatakan, cokelat matcha bisa dibuat dengan bahan dan peralatan yang mudah ditemukan di dapur Anda.


Bahan penting yang diperlukan hanya cokelat putih dan serbuk matcha. Itu bisa ditemukan di toko bahan kue di mana saja. Jika ingin lebih berkreasi dengan bahan lain, Anda boleh menambahkan kaca mete atau almond.

Siapkan pula cetakan yang bisa memuat tiga bar cokelat. Satu bar cokelat kira-kira takarannya sekitar 95 sampai 100 gram. Artinya, hanya membutuhkan sekitar 300 gram batang cokelat putih dan 30 gram serbuk matcha.

Cairkan cokelat putih, lalu langsung campurkan bubuk matcha. Aduk selama lima menit. Agus menyarankan pelelehan cokelat atau tempering harus menggunakan api kecil. Jika api terlalu besar, warna cokelat akan berubah.

Setelah cokelat dan bubuk matcha sudah tercampur, masukkan langsung ke cetakan. "Lalu kita ratakan, usahakan jangan ada gelembung udaranya," ujar Agus melanjutkan.

Gelembung udara akan membuat penampilan cokelat berlubang-ubang. Salah satu cara mudah menghilangkan gelembung udara yang membuat bentuk cokelat Anda tidak indah, adalah mengetuk cetakan hingga adonan memadatinya.

Jika adonan sudah yakin padat, langkah selanjutnya adalah memasukkan ke dalam mesin pendingin atau freezer. "Kita atur suhunya sekitar 28-29 derajat Celcius dan masukkan selama sekitar 15 menit," Agus menuturkan.

Setelah 15 menit, adonan di dalam freezer siap diangkat dan dilepaskan dari cetakan. Jika hasilnya memuaskan, Anda tak perlu lagi membeli cokelat di toko. Anda bisa membuatnya sembari mengisi akhir pekan di rumah.

(rsa/rsa)