Keju Babi, Keju Termahal di Dunia Seharga Rp 23,5 Juta

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 25/08/2015 12:35 WIB
Keju Babi, Keju Termahal di Dunia Seharga Rp 23,5 Juta Ilustrasi keju (Thinkstock/IvanMikhaylov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daripada meributkan alasan mengapa keju Swiss harus memiliki lubang, lebih baik putar perhatian Anda ke keju paling mahal di dunia. Keju yang terbuat dari susu keledai dinilai sebagai yang paling mahal di dunia.

Tak heran kalau petenis Novak Djokovic akhirnya memborong seluruh persediaan keju keledai di seluruh dunia. Hal ini dilakukannya pada tahun 2012 lalu.

Namun, maaf saja, keju itu sekarang bukan lagi jadi keju termahal di dunia. Kemewahan nilai keju keledai ini berhasil dikalahkan oleh keju babi.


Seperti namanya, keju ini terbuat dari susu babi. Mungkin Anda tak menyangka kalau susu babi ini bisa digunakan untuk membuat keju. Keju babi ini dibuat di sebuah peternakan babi di Belanda, Piggy Palace.

Susu babi memang tak sebanyak susu sapi perah. Oleh karenanya sang pemilik peternakan, Erik Stegnik, menghabiskan waktu 40 jam untuk memerah susunya. Dari waktu perah yang lama ini, hanya bisa menghasilkan beberapa kg keju saja.

Dia pun bekerjasama dengan beberapa pembuat keju lokal untuk menciptakan apa yang disebut sebagai keju babi pertama di dunia.

Mengutip Food and Wine, inilah yang menyebabkan keju babi punya harga yang mahal. Piggy Palace menjual keju babi ini dengan harga yang cukup mahal. Keju babi ini dijual seharga US$1.690 USD (Rp23,5 juta) untuk tiap 0,5 kgnya. Sedangkan harga keju keledai adalah seharga US$1.328 (Rp1,86 juta) per kilonya.

Harganya yang mahal ternyata belum tentu membuat keju ini punya rasa yang enak. Mengutip The Kitchn, Anne Saxelby, pemilik toko keju di NYC mengungkapkan bahwa kemungkinan besar rasa keju babi ini akan terasa kurang enak. Bayangkan saja, keju kambing saja masih menyisakan aroma kambing dalam rasa kejunya.

Daging babi mungkin tak bau seperti kambing, hanya saja babi biasanya 'main' dan makan di air kotor. Dan ini mungkin saja bakal memengaruhi rasa susunya.

Dalam akun jejaring sosialnya, Piggy Palace bakal melelang keju mahal ini. Beberapa waktu lalu Piggy Palace mengunggah foto tampilan keju ini. Unggahannya bertuliskan "De #varkenskaas is er. Uniek en met veel geduld zeugen gemolken en speciaal kaasmaak procedé. #wereldprimeur" (Ini dia si varkenskaas (keju babi), Unik dibuat dengan kesabaran  tinggi untuk memerah susunya serta teknik khusus membuat kejunya)."






Namun banyak orang yang sudah mencicipi keju ini mengungkapkan bahwa keju ini punya rasa yang menggelitik di lidah.

(chs/utw)