Tujuh Ruam Kulit yang Menandakan Penyakit Serius

Windratie, CNN Indonesia | Senin, 31/08/2015 07:53 WIB
Tujuh Ruam Kulit yang Menandakan Penyakit Serius Para ahli memperingatkan bahwa ada tanda-tanda ruam merupakan hal yang serius. Salah satu tanda Anda harus mencari bantuan adalah jika ruam muncul dengan gejala lainnya. (Thinkstock/Nobilior)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada benjolan merah gatal yang muncul entah dari mana. Anda bertanya-tanya dari mana ruam tersebut datang, atau perlukah Anda menunjukkannya ke dokter kulit untuk menyembuhkannya dengan salep kulit?

Para ahli memperingatkan bahwa ada tanda-tanda ruam merupakan hal yang serius. Salah satu tanda Anda harus mencari bantuan adalah jika ruam muncul dengan gejala lainnya.

“Sebagian besar ruam tidak mengancam hidup seseorang,” kata Daniela Kroshinsky, profesor dermatologi di Sekolah Kedokteran Harvard, sekaligus direktur dermatologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts.


Namun, Daniela melanjutkan, jika Anda merasa kurang sehat dan ada ruam di kulit, itu adalah alasan untuk mencari bantuan medis.

Ruam bisa menjadi tanda peringatan dari masalah medis yang serius, seperti penyakit autoimun atau infeksi lyme, kata Laura Ferrus, profesor dermatologis di Pusat Medis Universitas Pittsburgh. Atau bisa juga akibat dari gigitan serangga berbahaya.

Dilansir dari laman Today, tanda-tanda ruam yang perlu diperiksakan pada seorang profesional medis adalah sebagai berikut:

1. Jika Anda mengalami demam atau sakit yang menyertai ruam, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter, kata Kroshinsky. Bisa jadi itu adalah tanda infeksi atau reaksi alergi.

2. Jika memar seperti luka mendadak menyebar. Itu dapat menjadi gejala dari vaskulitis (radang pembuluh darah) yang perlu Anda periksakan ke dokter karena mungkin sel pembeku darah Anda tidak bekerja dengan baik, kata Kroshinsky.

3. Jika memar terus berlanjut, mungkin Anda memiliki infeksi, ujar Kroshinky. “Beberapa ruam yang baru keluar sepenuhnya jinak, tapi kemudian infeksi sekunder akan berkembang karena keutuhan kulit yang terganggu. Tanda-tanda infeksi di antaranya adalah tubuh yang hangat, rasa sakit, aroma luka yang tidak sedap.

4. Ruam yang meluas bisa menjadi tanda dari reaksi alergi besar. “Misalnya, jika hal itu terjadi dalam waktu dua minggu dari mulai mengonsumsi obat baru, ada kemungkinan itu berasal dari reaksi obat,” kata Ferris.

5. Ruam yang mulai melepuh harus segera Anda periksakan ke dokter. Kecuali, jika Anda memiliki alasan lain yang Anda curigai, misalnya kontak dengan tanaman beracun.

6. Bintik-bintik ungu yang muncul di tangan dan kaki bisa merupakan tanda dari infeksi bakteri jantung, kata Kroshinsky.  “Anda bisa melihat kulit sebagai jendela ke dalam tubuh,” katanya menjelaskan.

7. Jika memiliki ruam berbentuk melingkar, Anda mungkin memiliki penyakit Lyme, dan harus segera diperiksa, kata Ferris.



(win/mer)