Takeru Kobayashi si Kurus Pemegang Rekor Makan Tercepat Dunia

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 28/08/2015 11:23 WIB
Takeru Kobayashi, pemegang rekor dunia untuk makan tercepat dan terbanyak. (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ungkapan ‘jangan pernah melihat seseorang dari penampilannya’ mungkin berlaku untuk pria asal Jepang satu ini. Di balik badannya yang kurus dan langsing, Takeru Kobayashi adalah pemegang rekor dunia untuk makan tercepat dan terbanyak.

Pria 37 tahun ini telah memegang tujuh rekor Guinness World Records untuk makan hot dog, bola-bola daging, spaghetti, taco, hamburger, dan berbagai makanan lainnya. Mungkin terdengar biasa saja jenis makanannya, tetapi tunggu sampai mengetahui ia pernah meneguk satu galon susu hanya dalam waktu 20 detik.

"Saya sebenarnya bila sedang tidak ada kompetisi porsi makannya sama saja seperti orang lain, wajar kok sedikit-sedikit," kata Kobayashi, saat ditemui di Central Park, Jakarta, Kamis (27/8). "Ini pertama kalinya datang ke Jakarta, senang sekali rasanya.”


Lelaki kelahiran Nagano, Jepang, 15 Maret 1978 tersebut memiliki karier sebagai pemakan cepat profesional sejak dirinya memenangkan lomba makan kari semasa kuliah. Ia berhasil menghabiskan 5,1 kilogram nasi kari, atau setara dengan 17 porsi, hanya dalam 20 menit.

Kala itu ia hanya ingin mengikuti lomba makan banyak kari yang diadakan oleh sebuah restoran di kota Yokkaichi, kota tempat ia kuliah. Dalam restoran tersebut, siapa yang sanggup memecahkan rekor maka akan diberi makan gratis, sedangkan bila gagal, maka harus membayar semua makanan yang dihabiskannya.

Kemampuan Kobayashi tersebut mengejutkan sahabatnya. Atas inisiatif sang sahabat, Kobayashi didaftarkan pada sebuah lomba makan cepat dan terbanyak di sebuah stasiun televisi Jepang. Dan lagi-lagi Kobayashi memenangkannya, serta mendapatkan hadiah sebesar 30 juta yen atau US$ 246 ribu pada 2001.

"Sejak saat itu saya sadar akan kemampuan saya dan akhirnya memilih jalur ini sebagai karier," katanya.

Sekian lama menjalani berbagai kompetisi makan, ia merasa jenuh memenangkannya di Jepang. Maka ia pun mendaftarkan diri pada lomba makan hot dog paling bergengsi di Amerika Serikat dalam rangka merayakan ulang tahun kemerdekaan Negeri Paman Sam.

Kobayashi berhasil membuat Amerika terpana. Dengan bobotnya yang hanya 58 kilogram dan tinggi 173 sentimeter, Kobayashi sanggup menghabiskan 50 hot dog hanya dalam waktu 12 menit, dua kali lebih banyak dari rekor sebelumnya.

Bila yang membaca merasa sudah cukup kenyang mengetahui capaian Kobayashi, tunggu sampai mengetahui bahwa ia pernah mengonsumsi 5,4 kilogram satai ayam dalam 12 menit (2008), 93 hamburger dalam delapan menit (2009), 370 pangsit dalam delapan menit (2010), pizza ukuran 12 inchi hanya dalam satu menit sembilan detik (2012), lalu 60 sosis dalam dua menit 35 detik (2012), dan 62 slice pizza dalam 12 menit (2014).

"Saya hanya tahu saya tidak kenyang-kenyang. Semakin penuh dan begah saya, saya merasa makanan semakin lezat," kata Kobayashi. "Saya hanya butuh beberapa jam hingga satu hari untuk mengosongkan isi perut saya, tergantung makanannya apa, lalu saya dapat makan kembali seperti biasa.”



Latihan ‘perut gentong’

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2