Minum Air Sebelum Makan Dapat Cepat Turunkan Berat Badan

Windratie, CNN Indonesia | Sabtu, 29/08/2015 09:45 WIB
Minum Air Sebelum Makan Dapat Cepat Turunkan Berat Badan Orang-orang yang minum sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam pada akhirnya kehilangan berat badan lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak. (Thinkstock/4774344sean)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para peneliti dari Universitas Birmingham, Inggris, mengungkap, minum sekitar 0,5 liter air sebelum makan bisa membantu orang-orang yang mengalami obesitas untuk menurunkan berat badan, berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesitas edisi September.

Dilansir dari laman NY Daily, penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang minum sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam pada akhirnya kehilangan berat badan lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak.

Untuk mencapai kesimpulan tersebut, tim peneliti mengundang 84 orang dewasa obesitas untuk menjalankan program selama 12 minggu. Semua peserta menerima saran untuk menurunkan berat badan, seperti memperbaiki gaya hidup, pola makan, dan mengikuti kegiatan fisik. Mereka kemudian dipisahkan menjadi dua kelompok.


Kelompok pertama terdiri dari 41 orang. Mereka diperintahkan untuk minum 0,5 liter air 30 menit sebelum tiga kali waktu makan mereka dalam sehari selama 12 minggu. Kelompok kedua, yakni kelompok kontrol, terdiri dari 43 orang. Mereka diminta membayangkan memiliki perut kenyang sebelum makan tanpa minum air.

Hasilnya jelas. Kelompok yang minum air putih sebelum waktu makan mereka rata-rata kehilangan 4,3 kilogram dalam 12 minggu, rata-rata 0,9 kilogram lebih besar dari kelompok kontrol.

“Ketika dikombinasikan dengan petunjuk singkat cara meningkatkan jumlah aktivitas fisik dan diet sehat, tampaknya hal itu bisa membantu para peserta mencapai penurunan berat badan ekstra, pada tingkat tingkat moderat dan sehat,” kata Helen Parretti, penulis utama penelitian tersebut.

“Ini sesuatu yang tidak mengambil banyak pekerjaan untuk digabungkan ke dalam kehidupan kita sehari-hari yang sibuk.”

Sekarang para peneliti berharap, temuan tersebut dapat membuka jalan untuk penelitian lebih lanjut terhadap manfaat minum air sebelum makan. Mereka berharap menerima dukungan untuk melakukan percobaan dengan jumlah peserta lebih besar selama periode waktu lebih lama untuk mengonfirmasi temuan tersebut.



(win/mer)