Atraksi Kuliner Teraneh yang Ada di Rekor Dunia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 28/08/2015 17:41 WIB
Atraksi Kuliner Teraneh yang Ada di Rekor Dunia Ilustrasi cabai setan (Dok. Tesco)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuliner bukan cuma untuk dinikmati. Namun aneka makanan ternyata juga bisa digunakan sebagai ajang untuk mencetak rekor dunia.

Beberapa orang yang 'gila' memberanikan diri mereka untuk melakukan atraksi makanan. Selama 60 tahun buku rekor dunia ini sudah mencatat berbagai rekor dunia di bidang kuliner. Dari semua yang sudah ada selama ini, rekor makan aneh apa saja yang sudah pernah tercatat?

1. Makan jeli terbanyak dengan menggunakan sumpit


Jeli memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan licin. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan air yang tinggi.

Terkadang, makan jeli di piring dengan menggunakan sendok saja si jeli masih suka 'lari-lari.' Coba bayangkan bagaimana caranya makan jeli dengan menggunakan sumpit.

Ada berapa banyak jeli yang bisa disantap ketika Anda makan dengan sumpit? Bisa jadi mungkin tak ada satupun yang berhasil. Baru menjepit satu jeli, jelinya sudah pecah dan tergelincir dari sumpit.

Namun kenyataannya, ada orang yang mampu makan jeli sebanyak 663 gram dnegan menggunakan sumpit. Guinness Book of Records mencatat rekor ini atas nama Cherry Yoshitake dari Jepang. Hebatnya lagi, dia menyantap semua jeli ini hanya dalam waktu satu menit saja.

Rekor ini didapatkan Yoshitake di Ipswich, Inggris, pada 9 Juli 2014.

2. Makan cokelat butiran terbanyak dengan sumpit

Sama halnya dengan sulitnya makan jeli, makan cokelat butiran dengan sumpit adalah hal yang sulit. Kondisi ini dipersulit lagi dengan tantangan mata tertutup.

Namun tantangan ini berhasil ditaklukan oleh Ashrita Furman dari Amerika Serikat. Prestasinya tercatat di Guinness Book of Records. Rekor ini berhasil dipecahkan pada tanggal 8 Desember 2011 lalu.

3. Waktu tercepat minum jus lemon pakai sedotan

Minum satu liter minuman dalam satu waktu tidaklah mudah. Apalagi minuman yang dinikmati adalah jus lemon yang asam.

Kenyataannya, Stephen Charles Dechert II dari Amerika berhasil minum satu liter jus lemon hanya dalam waktu 24,41 detik. Yang menakjubkan lagi, rekor waktu ini hanya didapatkan saat dia minum jus lemon dengan menggunakan sedotan.

4. Menggelembungkan balon permen karet terbesar

Seberapa besar Anda pernah menggelembungkan permen karet? Yang pasti masih kalah dengan pria bernama Chad Fell dari Amerika Serikat.

Dia berhasil menggelembungkan permen karet paling besar di dunia. Balon permen karet miliknya berdiameter 50,8 cm. Balon sebesar ini digelembungkan tanpa menggunakan bantuan kedua tangannya.

5. Makan cabai pedas Bhut Jolokia dalam waktu dua menit

Cabai bhut jolokia dijuluki sebagai cabai setan karena pedasnya yang bikin garuk-garuk kepala. Berani menyantapnya sebagai lalapan? Mungkin Anda tak seberani Jason McNabb dari Amerika. Namanya tercatat di rekor dunia karena berhasil makan cabai setan ini selama dua menit. Cabai yang berhasil disantap dalam waktu singkat itu adalah 66 gram.



(chs/mer)