Resep agar Es Krim Tak Mudah Cair Bakal Segera Hadir

Fadli Adzani, CNN Indonesia | Selasa, 01/09/2015 14:09 WIB
Resep agar Es Krim Tak Mudah Cair Bakal Segera Hadir Ilustrasi (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Es krim adalah makanan pencuci mulut yang sangat disenangi ketika musim panas datang. Kini, para peneliti telah menemukan resep agar es krim tidak mudah cair, serta dapat dinikmati di hawa panas.

Tiga tahun ke depan, menurut para peneliti dari Universitas Dundee dan Edinburgh, akan tersedia resep agar es krim tidak mudah mencair. Resep itu didasari pada protein alami yang mengikat udara, lemak dan es krim secara bersamaan, agar membuatnya tidak cepat mencair.

Selain itu, resep ini juga dapat mengurangi lemak dan kadar kalori yang terkandung dalam es krim itu sendiri.


Profesor Cait MacPhee dari Universitas Edinburgh, yang memimpin proyek ini, mengatakan bahwa mereka sangat gembira dengan adanya potensi resep yang nantinya berguna bagi konsumen dan produsen es krim.

Disinyalir, para peneliti menggunakan sebuah metode dengan memproduksi sebuah protein baru yang muncul secara alami dari bakteri baik. Protein ini bekerja dengan mengikuti tetesan lemak dan gelembung udara, yang nantinya akan membuat es krim lebih ‘stabil’.

Produsen es krim juga akan bergembira akan hal ini. Pasalnya, mereka tidak harus susah-susah mendinginkan es krim mereka agar tidak mencair.

Lebih lanjut, para peneliti belum bisa menjelaskan berapa lama es krim itu dapat bertahan. Mereka menambahkan, hal ini akan bergantung pada jenis es krim dan cuaca.

Mereka memperkirakan, resep untuk es krim ini akan tersedia pada tiga atau lima tahun mendatang.

Protein itu, yang dikenal dengan nama BsIA, ditemukan dengan dukungan dari Badan Penelitian Teknik dan Fisik serta Badan Penelitian Bioteknologi dan Biologis Inggris.





(mer)