Lima Makanan Sehat yang Ternyata Mengandung Gula Tinggi

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 02/09/2015 12:16 WIB
Lima Makanan Sehat yang Ternyata Mengandung Gula Tinggi Salad ternyata juga mengandung gula tinggi (Choreograph/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah besar kalau Anda beranggapan bahwa hanya kue ulang tahun atau permen saja yang mengandung gula tinggi. Akibatnya, Anda lebih memilih menikmati aneka makanan sehat saja setiap saat.

Akan tetapi, jangan dulu senang dan merasa sehat. Ternyata ada juga makanan sehat yang ternyata mengandung gula lebih banyak dibanding yang Anda pikir.
Seperti diketahui, terlalu banyak kandungan gula dalam tubuh akan meningkatkan risiko penyakit. Misalnya penyakit liver, jantung dan diabetes tipe dua.

Ini tak berarti kalau Anda tak boleh menikmati gula sama sekali. WHO merekomendasikan orang dewasa untuk menikmati maksimal 25 gram gula (sekitar enam sendok teh) per hari.


Nah, apa jadinya kalau makanan yang Anda anggap sehat ternyata justru mengandung kadar gula tinggi?

1. Yoghurt
Sekalipun diklaim low fat, namun beberapa jenis yoghurt ternyata mengandung gula cukup tinggi. Yoghurt dengan tambahan rasa mengandung sekitar 29 gram gula sekali saji.

"Pilihlah merek yoghurt yang tanpa tambahan rasa alias tawar. Selain itu pilihlah yoghurt yang mengandung gula tak lebih dari 20 gram sekali saji," kata Joy Bauer, ahli diet, mengutip Real Simple.

"Beli saja yoghurt tawar kemudian tambahkan buah potong sendiri, madu, atau pemanis lain sendiri. Anda bisa mengontrol jumlah yang ditambahkan ke dalamnya."

2. Granola
Makanan sehat yang satu ini memang tengah naik daun. Makanan ini mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk diet. Hanya saja, kenyataannya, satu cup granola bisa menambahkan 12 gram gula ke dalam makanan Anda. Meski demikian, granola bar tawar, hanya mengandung enam gram.

3. Minuman olahraga dan jus buah
Pikir lagi kalau Anda suka minum minuman olahraga setelah pergi ke gym. Hanya sekali minum saja, Anda bisa menambahkan gula setara lima sendok teh. Hasil ini didapatkan dari penelitian Harvard University.

Jus jeruk kalengan atau botolan lebih parah lagi. Satu botolnya setara dengan 10 sendok teh gula. Jumlah ini sama dengan kandungan gula di kaleng soda.

4. Salad
Masak sih salad punya banyak gula? Kenyataanya, tentu iya. Hanya saja, ini berlaku kalau Anda menambahkan banyak topping dan saus ke atasnya.

Sayurannya sendiri sih tak ada masalah. Tapi yang jadi masalah justru apa yang ditambahkan di atasnya. Dua sendok makan Italian dressing mengandung 2 gram gula. Sedangkan saus thousand island mengandung enam gram gula.

5. Sambal
Tak percaya sambal mengandung gula? Ternyata, sambal di dalam campurannya juga mengandung gula untuk menghasilkan rasa yang gurih. Hanya satu sendok sambal bisa setara dengan satu sendok teh gula. (chs/mer)