Tips Berpakaian Necis Ala Presiden John F Kennedy

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Minggu, 06/09/2015 14:48 WIB
Tips Berpakaian Necis Ala Presiden John F Kennedy Presiden Amerika Serikat John F Kennedy sering terlihat necis dalam berbagai kesempatan. (National Archive/Newsmakers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjadi pemimpin negara tidaklah mudah. Selain mengatur kebijakan, sang pemimpin juga harus pandai berpenampilan agar tampak layak di depan media.

Dikutip dari situs Esquire pada Minggu (6/9), berikut ini adalah tips berpakaian bagi pria yang disusun berdasarkan hasil pengamatan terhadap Presiden Amerika Serikat ke-35, John F. Kennedy (JFK):

1. Koleksi jam tangan formal


Jika anda gemar berpakaian sederhana, kenakanlah aksesori yang membuat penampilan anda lebih menonjol. Memakai jam tangan berwarna emas atau perak dengan tali kulit menjadi pilihan JFK jika sedang tampil resmi.

2. Perbanyak crew-neck sweater

Sweater dengan potongan crew-neck dapat memberikan tampilan yang kasual namun tetap rapi. Pilihlah sweater dengan warna polos seperti coklat muda atau putih gading agar tetap terlihat ceria.

3. Jangan ragu tabrak gaya

JFK pernah terlihat memakai jas berbahan wol dengan celana bahan berwarna terang untuk menhadiri jamuan makan malam yang santai. "Saya tahu cara berpakaian, tapi saya tidak ingin terlalu serius," kata JFK.

4. Mengenakan kemeja polos di pantai

Banyak pria yang terlihat terlalu heboh ketika berada di pantai, karena mereka mengenai kaus dengan gambar atau motif berlebih. Namun semasa hidup JFK lebih sering terlihat memakai kemeja tipis lengan panjang atau pendek dengan warna-warna pastel bersama celana pendek dari bahan denim.

5. Padukan sneakers dan celana bahan

Dalam sebuah foto, JFK pernah terlihat memakai sweater v-neck digulung selengan, kemeja putih tipis dengan kancing dibuka, celana bahan dan sepatu kanvas. Selain nyaman, tampilan ini juga menjauhkan anda dari kesan kutu buku.

6. Pakai kacamata sesuai bentuk wajah

Banyak wanita yang terkesan dengan pria berkacamata. Kenakanlah kacamata bergaya klasik dengan bentuk bingkai yang mampu membuat wajah anda lebih fotogenik. Hindarilah kacamata dengan bingkai dan lensa yang terlalu futuristik jika ingin bergaya ala JFK.

7. Miliki long coat

Musim hujan akan datang setiap tahunnya. Jika ingin tetap gaya, kenakanlah long coat dengan warna-warna khas pria, seperti merah maruh, navy blue atau olive green. Pilihlah potongan yang pas dengan badan agar anda tidak terlihat tenggelam.

8. Kaus putih sebagai penyelamat

Kaus putih yang dikenakan bersama jeans atau celana chino berwarna hitam bisa menyelamatkan gaya anda dengan singkat. Pakailah kaus putih yang masih layak agar anda tidak terlihat lusuh.

9. Dasi berpotongan ramping

Busana resmi berwarna abu-abu atau navy blue yang dikenakan dengan kemeja putih bisa jadi membosankan. Kenakanlah dasi berpotongan ramping dengan motif dan warna yang sederhana.

(ard/ard)