Selfie Pascacerai, Tren Baru Foto Selfie di Dunia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 07/09/2015 15:56 WIB
Selfie Pascacerai, Tren Baru Foto Selfie di Dunia ilustrasi cerai (patronestaff/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seiring berkembangnya zaman, varian selfie semakin beragam. Bahkan variannya cenderung makin ekstrem. Tingkat eksremnya bisa dilihat dari lokasi yang dipilih sampai momen yang dipilihnya.

Kalau dulu ada orang yang suka foto selfie di tempat-tempat berbahaya agar terlihat keren, sekarang sudah tidak lagi. Tren terbaru dari foto selfie adalah selfie pasca-cerai alias divorce selfie.

Pasca cerai dulunya, orang-orang tak akan melakukan hal yang aneh. Bahkan mungkin saja mereka justru akan menangis atau larut dalam kesedihan. Bagaimana tidak, bercerai adalah satu fase dalam hidup yang menyedihkan karena tak ada satu pun pasangan yang punya cita-cita untuk bercerai.


Sekarang ini berbeda. Ketika orang bercerai, sepertinya hal pertama yang ada di dalam daftar teratas yang harus dilakukannya adalah foto selfie. Mengutip Refinery 29, tren dengan hastag #divorseselfie ini menyebar luas di media sosial. Tren ini populer di antara para pasangan yang baru saja bercerai.

Mungkin terkesan aneh atau tak peduli dan sedih karena habis bercerai. Namun tren ini sebenarnya bisa memberikan sebuah pesan positif dari perceraian.

Apa pesannya? Perceraian bukanlah akhir dari hubungan antara teman yang sudah terjalin selama beberapa tahun. Selain itu, perceraian juga bukan akhir dari hubungan sebagai orang tua. Lewat hal ini mereka juga berusaha menyampaikan bahwa hari perceraian bukanlah hari terburuk dalam hidup Anda sekaligus hari terakhir pertemanan Anda dengan si mantan.

Tren ini menjadi fenomena internasional, khususnya di Eropa dan Amerika. Lagipula, ini juga bisa menjadi tanda bahwa perceraian dilakukan secara baik-baik oleh kedua belah pihak.


(chs/mer)