Suhu Kamar Paling Sempurna Agar Tidur Lelap Sepanjang Malam

Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Senin, 14 Sep 2015 23:45 WIB
Bukan cuma pakaian dan tempat tidur saja yang memengaruhi kelelapan tidur. Akan tetapi suhu udara di kamar juga bisa memengaruhi nyenyaknya tidur Anda. ilustrasi pasangan tidur (Thinkstock/gmast3r)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan cuma pakaian dan tempat tidur saja yang memengaruhi kelelapan seseorang untuk tidur. Akan tetapi suhu udara di kamar juga bisa memengaruhi nyenyaknya tidur Anda.

Ketika bicara suhu ruangan, preferensi orang pasti berbeda-beda. Saat Anda kedinginan di kantor, bisa jadi ada orang di sudut lain kantor yang merasa kepanasan. Jadi, bicara suhu pasti relatif.

Namun, adakah jalan tengah atau suhu rata-rata yang bisa sesuai dan cocok untuk pria dan wanita dan membuat tidur mereka nyenyak? Rachel Salas, seorang neurologis dari John Hopkins University yang ahli di bidang pengobatan untuk tidur, mengemukakan bahwa menurut studi suhu terbaik untuk tidur adalah 18 derajat Celcius.

Mengutip Prevention, suhu yang rendah ini akan membantu inti tubuh Anda jadi lebih normal seiring dengan semakin lelapnya Anda tidur. Ketika mendekati akhir lingkaran waktu tidur, suhu tubuh akan naik dan ini menjadi pertanda tubuh untuk bangun tidur.

Dengan menjaga temperatur tubuh di suhu rendah, Anda membantu tubuh untuk melakukan tugasnya. Jika suhu ruangan terlalu panas, maka ini akan mengacaukan suhu alami tubuh dan membuat Anda sulit untuk tidur sepanjang malam. Ini adalah salah satu pencetus insomnia.

Hanya saja, angka 18 derajat Cekcius hanyalah angka kasarnya saja. "Kebanyakan orang lebih suka suhu antara 18-20 derajat Celcius," kata Salas.


(chs/utw)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER