'Payudara' Ketiga Tumbuh di Punggung Seorang Wanita

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 11/09/2015 13:31 WIB
Seorang perempuan di Dublin terserang tumor jinak di belakang tubuhnya. Setelah 10 tahun, tumor ini tumbuh seukuran payudara. ilustrasi payudara (Thinkstock/AntonioGuillem)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kanker payudara bukan satu-satunya penyakit yang menakutkan untuk perempuan. Seorang perempuan dari Dublin, Irlandia memiliki 'payudara' tambahan di tubuhnya. Dia tak cuma punya dua payudara, tapi tiga.

Hanya saja, payudara ini bukanlah payudara asli, melainkan limfoma yang menyerang bagian punggung kanannya. Ukurannya pun nyaris sebesar ukuran payudara.

Berdasarkan British Medical Journal, seorang perempuan berusia 46 tahun mendatangi sebuah klinik di Dublin dengan sebuah tumor besar di belakangnya. Ukuran tumor ini mencapai 19 cm panjang dan 6,7 cm lebarnya.


Mengutip Metro, tumor ini sudah berkembang selama 10 tahun. Hanya saja, selama tiga tahun belakangan, ukurannya tak berkembang. Si pasien pun tak mengeluh adanya rasa sakit yang dirasakannya.

Tunde Abdulsalam, dokter yang mengurus kasus ini, mendeskripsikan bahwa tumor ini terlihat 'mengagumkan.' Selain itu, tumor ini juga punya tekstur yang keras ketika disentuh.

Para ahli menduga kalau ini bisa jadi merupakan sarcoma. Sarcoma adalah kanker yang menyerang jaringan tisu di tubuh. Dokter pun langsung membawa pasien untuk melakukan pindai MRI. Hasilnya, perempuan ini didiagnosa memiliki tumor jaringan lemak yang jinak atau limfoma.

Tunde mengatakan bahwa ini adalah kasus limfoma yang pernah dilihatnya. "Tak biasanya, mereka membiarkannya sampai tumbuh sebesar itu. Kebanyakan pasien akan menghilangkannya dengan cepat dengan alasan estetika," katanya.

"Dari pengalaman klinis saya, kebanyakan limfoma memiliki ukuran kecil. Dan kebanyakan pasien biasanya membiarkannya saja, karena cenderung stabil selama beberapa tahun dan tak memengaruhi fungsi tubuh. Tapi dalam beberapa kasus, ini bisa membesar sampai ukuran BMI seseorang."



(chs/mer)