Wisata Balai Kota DKI Jakarta Resmi Dibuka

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Sabtu, 12/09/2015 13:47 WIB
Wisata Balai Kota DKI Jakarta Resmi Dibuka Salah satu ruang di Balai Kota DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bunyi rampak gendang bertalu-talu kala Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meresmikan wisata Balai Kota, pada Sabtu (12/9), dengan didampingi perwakilan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Ruddin Akbar Lubis.

Saat berpidato, Ahok mengungkapkan alasan membuka kantornya untuk wisata umum. Semua berawal dari keinginannya untuk menghabiskan waktu di teras kantornya itu sehabis pulang kerja.

"Saya membayangkan sebagai warga Jakarta. Saya sering pulang kerja, (langit) sudah gelap. Waktu lihat dari sini, Monas, halaman begitu luas. Saya pikir, kalau duduk di sini enak juga ya," kata Ahok.


Ahok juga berpikir, tidak semua orang Jakarta bisa menikmati suasana seperti di teras kantornya itu. Tidak semua orang Jakarta mempunyai teras yang luas dengan pemandangan bagus. Atas dasar itulah akhirnya ia memutuskan untuk membuka Balai Kota sebagai destinasi wisata.

Tidak hanya duduk di teras menikmati suasana Balai Kota, Ahok juga berharap warga bisa belajar banyak di sini. Dengan berwisata di Balai Kota warga bisa mengetahui berbagai macam informasi mengenai Kota Jakarta, mulai dari sejarah gedung Balai Kota, gubernur yang pernah memimpin, sampai perkembangan Kota Jakarta terkini.

"Orang pengen tahu gubernur dulu siapa saja. Ternyata gubernur dulu ganteng dan cakep. Ada fotonya di dalam, mungkin bisa foto di situ," ujarnya.

Mantan Bupati Belitung Timur itu juga berharap Balai Kota bisa menjadi tempat nongkrong baru bagi anak muda. Sehingga mereka bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan yang positif.

"Banyak anak muda ingin cari tempat kumpul yang agak murah bisa di sini. Bisa tukar pikiran juga. Kita lengkapi dengan wi-fi yang kuat. Kalau anak-anak bisa nongkrong di sini, bisa ngurangin berantem-berantem dan tawuran," kata dia.

Di wisata Balai Kota, Ahok juga menyediakan tempat gratis bagi pengusaha yang bergerak di bidang kuliner, kerajinan maupun fesyen yang ingin memasarkan produknya.

"Ibu yang punya suvenir, butuh tempat pameran yang gratis, ada di sini. Bisa mulai jualan di sini. Makanan juga kita perkenalkan, pedagang kaki lima (PKL) yang masuk tidak ada bahan berbahaya," ujarnya.

Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi ketika berwisata di Balai Kota. Anda bisa melihat ruang tamu gubernur, ruang rapat, duduk di pendopo, duduk di ruang tunggu, dan berfoto di ruang gubernur.

Pengunjung juga dapat mengetahui lebih banyak tentang smart city, menikmati sajian kuliner, belanja kerajinan khas DKI, atau sekadar duduk di taman sambil menikmati hiburan yang telah disediakan. Semuanya gratis, tanpa dipungut biaya.

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu sambil membaca buku, ada juga mobil perpustakaan yang telah disediakan di halaman Balai Kota.

Anda bisa mengunjungi Balai Kota mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB untuk kunjungan di area dalam ruangan dan pukul 09.00 hingga 20.00 WIB untuk area luar. (vga/vga)