Dian Pelangi Masuk Jajaran 500 Tokoh Bisnis Fesyen Sedunia

Resty Armenia , CNN Indonesia | Sabtu, 26/09/2015 14:34 WIB
Dian Pelangi Masuk Jajaran 500 Tokoh Bisnis Fesyen Sedunia Dian Pelangi. (ANTARA FOTO/Teresia May/Asf/ama/15.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desainer fesyen untuk wanita muslim, Dian Pelangi, masuk dalam jajaran 500 tokoh bisnis fesyen sedunia berdasarkan daftar majalah asal Inggris, Business of Fashion (BoF).

Daftar BoF menampilkan 500 orang yang dianggap berpengaruh dalam membentuk industri fesyen global di seluruh dunia. Daftar ini disusun setiap tahunnya berdasarkan nominasi anggota 'BoF 500' saat ini, analisis data, dan riset.

Tokoh dunia yang juga masuk dalam list tersebut antara lain, desainer Alexander Wang; mantan pemain sepak bola yang sekarang bergelut di dunia bisnis, David Beckham; aktivis transgender Caitlyn Jenner; model Cara Delevingne; aktris Alicia Vikander; penyanyi asal Korea Selatan G-Dragon; dan masih banyak lagi.


Dari Indonesia, Dian Pelangi berhasil masuk ke dalam daftar tersebut. BoF menyebut Dian sebagai desainer asal Indonesia yang sukses menghilangkan batasan-batasan tradisional untuk fesyen kaum Muslim.

Menyambut pemilihannya itu, dalam akun Instagramnya Dian berujar, “Nggak bisa tidur semalaman masuk dalam list 500 orang paling berpengaruh di dunia fashion versi Bussiness of Fashion magazine. “

Namun Dian agak menyesal tak bisa hadir  di acara BoF 500 itu di London Fashion Week. Apalagi melihat para tamu yang hadir sekaligus melihat bendera Merah Putih ikut dikibarkan bersamaan dengan bendera para tokoh dunia lain yang terpilih.

Dian melanjutkan sebagai satu-satunya yang berhijab dia tak menganggap dia mewakili diri sendiri dalam pemilihan itu. “Saya merasa mewakili semua muslimah di dunia. Alhamdulillah tujuh tahun berkarya masih diapresiasi,” katanya.  

Dalam pemilihan tokoh berpengaruh itu Dian juga  dinilai berhasil menyebarkan cara berpakaiannya yang modern kepada wanita Muslim secara lebih luas melalui 14 jaringan tokonya serta media sosial, yakni kepada sekitar 3,2 juta pengikutnya di Instagram.

BoF menilai kesuksesan Dian merambah hingga negara tetangga, Malaysia. Wanita kelahiran 1991 iu juga disebut telah berhasil menggelar pertunjukan fesyen di Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Australia, Dubai, Mesir, Kuwait, dan Jordan.

Dian juga menjadi desain yang secara reguler menampilkan barisan karyanya di Jakarta Fashion Week sejak ia berusia 18 tahun. (res/utw)