Pria Tanpa Penis akan Dapat Pengganti dari Lengan

Windratie, CNN Indonesia | Rabu, 07/10/2015 15:38 WIB
Pria Tanpa Penis akan Dapat Pengganti dari Lengan Seorang lelaki Inggris yang terlahir tanpa penis pada akhirnya sedang bersiap untuk mendapatkan organ intim yang terbuat dari lengannya. (Getty images/ Thinkstock/Jupiterimages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang lelaki Inggris yang terlahir tanpa penis pada akhirnya sedang bersiap untuk mendapatkan organ intim yang terbuat dari lengannya.

Andrew Wardle (40) yang berasal dari London mengatakan, dia akan menjalani serangkaian operasi untuk membuat penis baru yang berasal dari otot dan kulit lengan kanannya. 

Wardle lahir dengan kondisi abnormal yang dikenal dengan ekstrofi kandung kemih (bladder exstrophy), yang menyebabkan kandung kemih terbentuk di luar tubuh.


Operasi untuk memasukkan kembali kandung kemih ke dalam tubuh menyebabkan Wardle kehilangan penisnya.

“Yang tersisa hanya bekas luka operasi dan hanya itu,” katanya seperti dikutip dari laman NY Daily. “Tidak ada apa-apa lagi di sana,” katanya merujuk pada kondisi organ intimnya.

Wardle menceritakan kisahnya tersebut dalam sebuah program dokumenter berjudul The Man With No Penis setelah selama hidupnya menutup rapat kondisi tubuhnya itu. 

“Sewaktu kecil, (kondisi) ini tidak mengganggu saya,” katanya kepada majalah People. Wardle mengaku pandai menyembunyikan kondisinya itu, tapi ketika dia menginjak masa remana hal itu akan menjadi masalah besar.

Wardle mengaku, selama ini dia melarikan diri dari kenyataan dengan banyak mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan berpesta pora.  

Di usia 33 tahun, Wardle mendapat informasi terkait satu operasi terobosan yang dapat mengubah hidupnya.  Operasi ini bisa membuat penis yang berfungsi untuk pertama kalinya.

Wardle mengatakan, dia punya harapan besar untuk hasil akhir operasi tersebut. Namun, dia pun sadar bahwa prosedur ini memakan waktu yang lama.


(yns)