Empat Perbedaan Tentang 'Best Before' dan Kedaluwarsa

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2015 18:22 WIB
Empat Perbedaan Tentang 'Best Before' dan Kedaluwarsa makanan beku (Thinkstock/bonchan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seringkali tanggal kedaluwarsa dan tanggal best before membingungkan konsumen. Meski keduanya adalah dua hal yang berbeda, namun masih banyak orang yang tak bisa membedakan keduanya.

Jika kedaluwarsa atau expired date merupakan tanggal batas maksimal di mana produk aman disantap, maka best before atau tanggal sebaiknya digunakan sebelum ini merujuk pada kualitas produk itu sendiri. Best before tidak ada hubungannya dengan keamanan bahan makanan. Yang terpengaruh hanyalah rasa makanannya.

Mengutip CBC, ada beberapa hal lain yang perlu diketahui tentang kedua hal ini.


1. Ada lima jenis produk makanan yang punya tanggal kedaluwarsa

Tanggal kedaluwarsa memberitahu konsumen tentang batas akhir produk aman dikonsumsi. Dan makanan sebaiknya tidak boleh disantap setelah tanggal tersebut.

The Canadian Food Inspection Agency mengungkapkan ada lima jenis produk makanan yang wajib dilabeli dengan tanggal kedaluwarsa. Jenis produk makanan ini adalah susu formula bayi dan pengganti ASI lainnya, suplemen gizi, makanan pengganti, makanan untuk diet rendah energi, dan diet cair yang diresepkan.

Tanggal best before hanya ditemui pada makanan segar selama 90 hari atau kurang. Beberapa makanan masih mungkin dikonsumsi sesudah tanggal best before-nya.

2. Best before hanya menjamin kesegaran produk
Makanan yang belum dibuka dan disimpan dengan tepat akan membantu produk untuk tetap bertahan kesegarannya dan membuat rasa serta nilai gizinya tetap ada. Rasanya mungkin sudah sedikit berubah tapi masih aman untuk disantap.

3. Tanggal best before tidak berlaku ketika kemasan sudah dibuka
Membuka kemasan makanan tentunya akan sangat memengaruhi kualitas dan kesegaran produk. Tanggal best before tidak akan berlaku ketika kemasan makanan sudah dibuka.

"Setelah kemasan dibuka, udara akan menimbulkan kontaminasi," kata Brenda Watson, Canadian Partnership for Consumer Food Safety Education's executive director.

Selain kemasan yang sudah dibuka, Health Canada juga mengungkapkan bahwa makanan beku tidak berlaku aturan best before.

Agar makanan tersebut terjamin kesegarannya dan aman dikonsumsi, Watson menyarankan untuk membeli makanan yang punya umur simpan pendek, misalnya susu atau keju cottage. Tujuannya agar dikonsumsi dengan cepat.

4. Makanan yang harus diwaspadai
Meski beberapa makanan masih bisa dimakan setelah tanggal best before-nya, meski rasanya kurang nikmat, tidak berarti semua makanan aman disantap.

"Jika Anda ragu, buang saja makanan itu," kata Ellie Topp, seorang ahli ekonomi keluarga profesional.

Topp mengatakan, Anda harus sangat berhati-hati ketika mengonsumsi daging, ayam, dan susu. Sebaiknya, konsumsi langsung setelah dibeli, jangan kemudian disimpan lama. 



(chs/les)