Orang Indonesia Minum 2 Miliar Liter Teh Kemasan Setahun

Dina Agustina, CNN Indonesia | Selasa, 03/11/2015 15:15 WIB
Orang Indonesia Minum 2 Miliar Liter Teh Kemasan Setahun Ilustrasi teh kemasan (Detikcom/Agung Pambudhy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasar teh kemasan dalam botol ternyata menggiurkan bagi pebisnis. Meningkatnya jumlah konsumen teh kemasan dalam botol membuat pebisnis lokal dan internasional bermunculan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan teh dalam kemasan. 

Jumlah konsumsi teh dalam kemasan di Indonesia menduduki posisi kedua setelah air mineral. Menurut data Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) tahun 2014 lalu, jumlah konsumsi teh dalam kemasan di Indonesia mencapai 2 miliar liter atau sebanyak 1,07 pon (0,5kg) daun teh per orang setahun. 

Tapi, konsumsi orang Indonesia sebenarnya masih kalah jauh dibanding Malaysia. Dalam setahun, Malaysia mengonsumsi sekitar 1,57 pon (0,7 kg) daun teh per orang. Sementara Turki tercatat sebagai negara dengan jumlah konsumsi teh paling tinggi, yakni 6,9 pon (3,12 kg) daun teh per orang. Disusul Inggris yang mengonsumsi 4,3 pon (1,9 kg) daun teh per orang per tahun, dan Selandia Baru sebanyak 2,6 pon (1,2kg) daun teh per orang. 


Dari data tersebut, teh kemasan tercatat sebagai jenis minuman teh paling populer di Indonesia dan merupakan jenis kedua terbanyak dikonsumsi setelah teh seduh. 

Alasannya, banyak orang yang memilih teh dalam kemasan karena saat ini, manusia dituntut untuk hidup praktis dan cepat. Teh dalam kemasan merupakan salah satu terobosan yang diciptakan untuk menemani gaya hidup cepat kaum urban yang menginginkan minuman segar tanpa repot.  

Kuantitas teh yang dikonsumsi diseluruh dunia lebih tinggi dibandingkan minuman berkarbonasi, kopi dan minuman beralkohol. Hampir seluruh masyarakat bahkan anak-anak gemar mengkonsumsi teh, itu alasan mengapa produk teh menduduki posisi pertama di seluruh dunia.  Itu juga yang membuat Ichitan percaya diri menghadirkan varian teh kemasan rasa baru ke pasar Indonesia, yakni Green Tea Honey Lemon dan Lychee.  

"Saya memutuskan untuk fokus dalam pengembangan minuman teh hijau siap minum karena selain air, teh adalah minuman terfavorit dunia," kata Mr. Ichitan saat ditemui pada peluncuran produk minuman Ichitan di Central Park, Jakarta Barat, belum lama ini. 

Meskipun pesaing produk minuman serupa di Indonesia sangat banyak, namun perusahaan Ichitan optimistis bisa merebut pangsa pasat, terutama dengan kandungan nutrisi baik dalam teh siap minum yang mereka jual. Selain itu, Ichitan juga menggandeng idola remaja, Al Ghazali dan Pevita Pearce guna membuat produknya lebih dekat dengan kaum muda.  (les/les)