Sebarkan Identitas Negeri, Finlandia Luncurkan Emoji Nasional

Windratie, CNN Indonesia | Kamis, 05/11/2015 12:19 WIB
Pemerintah Finlandia meluncurkan tiga emoji yang bertujuan memberitahukan dunia tentang fitur-fitur kekuatan negara itu. Apa saja emoji-emoji itu? Emoji Finlandia (Dok. finland.fi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Finlandia meluncurkan tiga gambar yang menjadi emoji nasional Negara Seribu Danau tersebut. Ketiga emoji tersebut adalah, gambar pasangan di sauna, ponsel Nokia tipe lama, dan penggemar musik heavy-metal. Gambar-gambar tersebut telah ditetapkan sebagai emoji, atau simbol yang digunakan dalam komunikasi digital.

Penggunaan simbol nasional untuk tema emoji ini merupakan yang pertama di dunia. Rencananya, pemerintahan Finlandia akan menerbitkan versi lengkap emoji pada 30 Desember mendatang. Emoji ini dapat diunggah oleh semua orang di penjuru dunia lewat website pemasarannya, www.finland.fi.

“Emoji Finlandia ini dirancang dengan pendekatan humor, tapi saya harap mereka akan memberitahu dunia tidak hanya tentang fitur-fitur khusus kami, tapi juga tentang kekuatan kami,” kata Petra Theman, direktur diplomasi publik Kementerian Luar Negeri Finlandia.


Seperti dilaporkan oleh Reuters, salah satu emoji pertama yang akan dirilis adalah 'The Headbanger', gambar seseorang dengan tangan ke atas sambil membuat isyarat 'kasar' dengan jari-jari kedua tangannya. Gambar tersebut mengacu pada selera orang-orang Finlandia terhadap musik heavy-metal.

Tertulis pesan di samping gambar tersebut, “It is dark in Finland and so is the music. There’s a small headbanger living inside of each Finn."

Emoji lain bergambar laki-laki dan perempuan di sebuah sauna. Dalam penjelasannya tertulis, “The Sauna. Doesn’t need introducing. Sauna is as Finnish as it gets. Naked."

Aslinya, emoji digunakan oleh operator seluler Jepang. Namun, simbol komunikasi digital tersebut semakin populer saat disertakan dalam operasi telepon pintar Apple dan Google.

Nokia, yang juga menjadi salah satu emoji, pernah menjadi pemimpin pasar ponsel dunia. Namun, Nokia gagal bersaing di pasar smartphone, akhirnya menjual bisnis teleponnya pada Microsoft tahun lalu.


(win/les)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK