Lima Strategi Jitu Berhenti Merokok

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Senin, 09/11/2015 09:38 WIB
Lima Strategi Jitu Berhenti Merokok Ilustrasi berhenti merokok (Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mana yang lebih buruk, merokok atau berhenti? Mengisap tembakau diketahui meningkatkan risiko penyakit kronis bahkan kematian. Namun, berhenti merokok terbukti merupakan salah satu hal yang paling sulit dilakukan. 

“Jika mudah, sudah sejak dulu banyak orang yang akan berhenti merokok,” kata Bill Blatt, Direktur Program Pengendalian Tembakau dari Asosiasi Kesehatan Paru Amerika Serikat. “Saking sulitnya, banyak orang yang akhirnya merasa gagal dan justru terpuruk dalam depresi.” 

Tapi, bukan berarti berhenti merokok sama sekali mustahil. Blatt mengatakan metoda paling efektif adalah dengan mencari cara yang sesuai dengan kepribadian dan karakter masing-masing orang.  “Dari situ, kuncinya hanyalah konsistensi,” ujar dia.  


Melansir laman Fox News, kampanye mengenai ratusan bahan kimia berbahaya yang ada dalam sebatang rokok memang cukup ampuh membuat banyak orang berpikir untuk berhenti merokok. Tapi, diperlukan lebih dari kampanye pemerintah untuk menciptakan masyarakat bebas asap rokok. 

Hasil riset National Cancer Institute di AS menunjukkan bahwa negara adidaya tersebut mengalami kerugian sebesar US$289 miliar per tahun akibat rokok. Kerugian itu termasuk biaya kesehatan masyarakat dan penurunan produktivitas kerja. Di luar itu, para perokok juga mengalami kerugian kesehatan yang tidak sedikit. Rokok diketahui menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit paru-paru, jantung, serta kanker.  

Lalu bagaimana cara berhenti merokok secara efektif? Blatt menyebutkan lima strategi jitu:  

Niat

Semua hal besar dimulai dari niat. Begitu juga dengan merokok. Anda harus memiliki niat kuat untuk berhenti merokok. Tapi, tentu saja niat saja tidak cukup. Niat itu harus dibarengi dengan langkah-langkah lainnya. Blatt mengatakan langkah-langkah kecil tidak masalah, asalkan dilakukan secara konsisten.  “Anda bisa memulainya dengan melakukan cek kesehatan, mengetahui seberapa jauh rokok telah merusak tubuh Anda,” kata Blatt. 

Dukungan

Kerja tim umumnya lebih baik dibandingkan kerja solo. Pun demikian dengan berhenti merokok. Adanya dukungan dari teman dan keluarga, akan membuat usaha berhenti merokok lebih mudah terlaksana. Umumkan pada orang-orang terdekat, bahkan lingkungan sekitar bahwa Anda akan berhenti merokok. Mereka akan jadi ‘alarm’ yang mengingatkan saat Anda lengah dan ‘relaps’. 

Hal Kecil

Tambahkan hal kecil setiap hari dalam buku harian berhenti merokok. Misalnya, biaya rokok yang ditabung sedikit demi sedikit untuk keperluan lain. Buat tabungan khusus berhenti merokok. Alih-alih membeli sebungkus rokok, masukkan uang tersebut dalam celengan. Gunakan sebagai biaya perayaan satu minggu berhenti merokok. 

Pengalih Perhatian

Berhenti merokok adalah soal mengalihkan kebiasaan. Buat diri Anda jadi lebih produktif dengan melakukan kegiatan yang lebih sehat. Bergabung dengan komunitas olahraga atau aktivitas seni, akan membuat pikiran lebih jernih sehingga mudah terdistraksi dari keinginan merokok. 

Pengetahuan

Gali pengetahuan tentang bahaya rokok bagi kesehatan dari jurnal-jurnal hasil penelitian. Dengan demikian, Anda semakin mengerti risiko fatal yang ada di balik sebungkus rokok. Imbasnya, rokok tidak akan lagi jadi barang yang menggoda sekalipun ada di depan mata.  (les/les)