logo CNN Indonesia

Manfaat Memperbaiki Postur Tubuh Bagi Kesehatan

, CNN Indonesia
Manfaat Memperbaiki Postur Tubuh Bagi Kesehatan
Jakarta, CNN Indonesia -- Memiliki postur tubuh yang baik merupakan hal penting dalam gaya hidup sehat. Membenahi posisi tubuh yang baik penting untuk menjaga kestabilan posisi tubuh.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa berdiri tegak merupakan sebuah cara baik yang berdampak pada kehidupan seseorang. Hanya dengan mengganti postur tubuh ini, dari membungkuk menjadi tegak, seseorang bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Di antaranya.

1. Mendapatkan energi lebih banyak.
Berdiri dengan postur tubuh yang optimal memungkinkan diafragma seseorang bekerja lebih efisien sehingga bernapas lebih mudah. Berdiri dengan optimal membatasi ekspansi tulang rusuk saat sedang bernapas.

"Pernapasan yang efisien yaitu mengatur aliran oksigen dan karbon dioksida ke seluruh tubuh sehingga menghasilkan energi," kata Henry Halse, spesialis Philadelpia.

2. Membakar kalori yang berlebih
Halse mengatakan bahwa postur yang baik meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan seseorang untuk mengambil lebih banyak oksigen dengan mudah. Sendi akan berada pada posisi yang lebih baik ketika seseorang berdiri dengan tegak.

Hal tersebut dapat membakar kalori lebih banyak daripada seseorang yang memiliki postur tubuh buruk. Lebih baik lagi jika menggali tentang latihan yoga dan pilates yang memiliki banyak keuntungan dan mengurangi nyeri pada tubuh.

3. Tidak sering merasakan sakit kepala.
Postur tubuh yang tidak baik dapat memicu sakit kepala. Sakit kepala biasanya terjadi karena leher, punggung atas dan otot rahang menegang. Oleh karena itu, membiasakan diri dengan mengatur posisi tubuh yang sesuai, akan mengurangi terjadinya sakit di kepala.

"Untuk membantu mengurangi sakit kepala, pastikan telinga dan bahu selaras dengan bahu Anda dan dengan lembut tekan bahu kebawah menjauhi telinga," kata Alynn Dukart, spesialis terapi fisik di Mayo Clinic Healthy Living Program.

4. Memberi nafas pada sendi
Membiarkan postur tubuh yang buruk, akan merugikan sendi. Memberikan beban berat pada bahu, menimbulkan rasa nyeri dan bahkan risiko cedera pada sendi bahu.

"Penelitian menunjukan bahwa setiap sentimeter dari postur kepala ke depan, dapat meningkatkan beban tambahan pada tulang belakang sebesar 4,5 kilogram,” ujar Dukart.

Dalam jangka panjang, postur tubuh yang buruk dapat memicu timbulnya penyakit tendonitis. Sedangkan memiliki postur tubuh yang baik  dapat menyeimbangkan otot-otot dan mengurangi risiko cedera.

5. Stres akan berkurang.
Sebuah studi baru dari Universitas Auckland menemukan bahwa duduk tegak dapat mengurangi stres. Penelitian ini menggunakan sampel acak yang dibentuk menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama menyelesaikan tugas dalam keadaan tegak, dan kelompok kedua menyelesaikan tugas dengan sedikit membungkuk.

Merasa lebih antusias, bersemangat, dan kuat adalah hasil yang diterima dari kelompok pertama. Sedangkan kelompok dua mendapatkan hasil rasa takut, bermusuhan, tenang, pasif, muram, mengantuk dan lamban.

Para peneliti menduga bahwa duduk tegak dapat merangsang gairah fisiologis seperti lonjakan tekanan darah dan rendahnya tingkat stres yang diterima. Ketika tubuh diposisikan dengan benar, hormon dan fungsi sistem saraf akan bekerja dengan baik dan mengubah suasana hati seseorang.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video