Alasan Sup Ayam Jadi Makanan Paling Dicari Saat Flu

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2015 16:00 WIB
Alasan Sup Ayam Jadi Makanan Paling Dicari Saat Flu sup ayam (Thinkstock/Elenathewise)
Jakarta, CNN Indonesia -- Makanan apa yang paling ngangenin untuk Anda sejak kecil? Salah satu makanan paling dirindukan, khususnya saat Anda sedang sakit adalah sup ayam buatan ibu.

Sup ayam sebenarnya adalah makanan yang sangat sederhana. Hanya berisi kuah kaldu ayam, potongan daging ayam, potongan sayuran seperti wortel, kentang dan buncis. Apa sebenarnya yang membuat makanan ini selalu dirindukan, terlebih saat Anda sedang merasa tak enak badan dan flu? Tak dimungkiri, semangkuk sup ayam yang hangat akan membuat kondisi Anda semakin baik dan sehat.

Mengutip Daily Meal, sebenarnya, tak perlu bukti ilmiah untuk membuktikan hal ini, yang penting setelah menyantap sup ayam, perasaan jadi tenang. Namun kalau masih penasaran apa yang buat makanan ini jadi comfort food, ada penjelasan ilmiah tentang hal ini.


Penelitian ilmiah membuktikan bahwa sup ayam punya kemampuan medis. Satu penelitian menemukan bahwa mengonsumsi sup ayam akan menurunkan gejala flu dan masalah pernapasan dengan cara bergerak di sekeliling neutrofil dalam tubuh. Neutrofil adalah bagian dari sel darah putih yang berguna untuk mencegah infeksi dalam tubuh.

Di dalam sup ayam sendiri yang berguna untuk tubuh adalah vitamin A dan selenium. Cairan hangat seperti kaldu ayam, bisa berguna untuk meningkatkan hidrasi tubuh serta 'membersihkan' hidung Anda.

Sayur-sayuran seperti wortel dan lainnya mengandung vitamin A, C, dan antioksidan lainnya akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan ayam yang jadi bintang utama dalam sayur ini dilengkapi dengan protein. Jika ingin, Anda bisa menambahkannya dengan mi atau kentang di dalamnya. Tujuannya sebagai asupan karbohidrat di dalamnya agar Anda jadi lebih bertenaga kembali. (chs/les)