Negara-negara Paling Murah Hati di Seluruh Dunia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 17/11/2015 08:51 WIB
Indahnya dunia kalau semua masyarakatnya punya jiwa sosial yang tinggi. Tetapi di manakah sebenarnya negara yang paling dermawan di seluruh dunia? ilustrasi (Thinkstock/zimmytws)
Jakarta, CNN Indonesia -- Alangkah indahnya jika semua orang di dunia punya jiwa sosial yang tinggi. Karena sebenarnya setiap manusia sebagai mahluk sosial pasti punya jiwa sosial dan keinginan untuk membantu sesama yang kesusahan.

Namun di antara semua negara di dunia, negara manakah yang termasuk punya jiwa sosial alias paling dermawan? Untuk mengetahui hal ini, World Giving Index, melakukan riset di 145 negara untuk menentukan negara mana yang paling dermawan.

Survei ini mengambil sampel di antara berbagai komunitas di setiap negara yang berada di daerah pedesaan. Mereka menilai sekitar 1000 orang tentang berapa banyak orang yang menyisihkan uangnya untuk beramal, atau menyisihkan waktunya untuk membantu orang lain di bulan lalu.


Pengumpulan data lewat polling ini dilakukan oleh Gallup World View. Charities Aid Foundation mengungkapkan laporan tahunan ke-enam.      

Secara umum, jumlah orang-orang yang dermawan semakin meningkat di semua kelas ekonomi masyarakat. Hampir sepertiga responden ini menyisihkan uang untuk beramal di bulan-bulan sebelum wawancara dilakukan. Jumlahnya naik 3,2 persen sejak tahun 2013 lalu.

Berdasar laporan ini, negara mana yang punya penduduk paling dermawan di dunia?

10. Malaysia
Ada sekitar 62 persen responden yang mengklaim dirinya sudah menolong orang lain. Sedangkan 58 persen lainnya menyumbangkan uangnya untuk amal.

9. Irlandia
Di irlandia, 67 persen responden menyumbangkan uangnya untuk amal dan 59 persennya lainnya membantu orang asing.

8. Sri Lanka
Sekitar 59 persen penduduk Sri Lanka menyumbangkan uangnya untuk amal.

7. Belanda
Di tahun lalu, Belanda terdepak dari peringkat 10 besar. Namun di tahun ini mereka muncul kembali di posisi ke-tujuh.

6. Inggris
Sekitar 75 persen penduduk Inggris mengklaim sudah menyumbangkan uang mereka untuk amal.

5. Australia
Di negeri kangguru ini, skeitar 72 persen penduduknya menyumbangkan uang untuk amal.

4. Kanada
Kanada berada di posisi empat dengan 69 persen penduduknya mau membantu orang asing, sedangkan 67 persennya menyumbangkan uang dan 44 orang menyumbangkan waktu mereka.

3. Selandia Baru
Selandia baru berhasil melonjak langsung ke posisi tiga di tahun ini.

2. Amerika
Di tahun lalu, penduduk Amerika ada 68 persen yang menyumbang. Di tahun ini jumlahnya menurun jadi 63 persen.

1. Myanmar
Myanmar adalah negara paling dermawan di tahun lalu, dan dia masih mempertahankan posisinya sampai saat ini. Sekitar 92 persen penduduknya selalu beramal. (chs/les)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK