Islandia, Negara Paling Aman Sedunia

Windratie, CNN Indonesia | Jumat, 27/11/2015 13:15 WIB
Islandia, Negara Paling Aman Sedunia Ilustrasi kota Stykkisholmur, Islandia. (Thinkstock/topdeq)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasca-serangan Paris pada 13 November lalu, Amerika Serikat mengeluarkan peringatan perjalanan global bagi warganya. Tidak hanya itu, Belgia juga dalam kondisi waspada pascateror yang menyasar orang-orang Barat. Begitu banyak kekhawatiran akan serangan teror membuat banyak orang memilih untuk tinggal di rumah.

Namun, berdasarkan data Global Terrorism Index, 97 persen serangan teror dalam 15 tahun terakhir terjadi di negara-negara non-Barat.

Global Peace Index mengeluarkan data yang memperhitungkan pertimbangan keamanan di rumah, militerisasi dan keterlibatan dalam konflik domestik dan internasional.


Dilaporkan oleh Independent, berdasarkan indeks, Islandia yang diguncang oleh krisis keuangan pada 2008 dan letusan sesekali gunung berapi, menduduki posisi teratas negara paling aman pada 2015, di atas Denmark dan Australia.

Kenyataannya adalah, Islandia dinilai sebagai tempat paling aman untuk melakukan perjalanan setiap tahun sejak Indeks dilakukan pada 2007.

Seperti diketahui, Amerika Serikat mengeluarkan peringatan perjalanan global bagi warganya karena adanya 'peningkatan ancaman teroris'. Peringatan tersebut berlaku hingga 24 Februari 2016. Hal tersebut secara drastis mengurangi jumlah warga AS yang bepergian.

Jadi, negara-negara mana saja yang masuk ke dalam 15 negara teraman di dunia pada 2015? Berikut adalah 15 negara teraman di dunia untuk bepergian menurut Global Peace Index.

1. Islandia 
2. Denmark
3. Austria
4. New Zealand
5. Swiss
6. Finlandia
7. Kanada
8. Jepang
9. Austria
10. Republik Ceko
11. Portugal
12. Irlandia
13. Swedia
14. Belgia
15. Slovenia


(win/win)