Perhatikan Hal Ini Sebelum Berkemah

Silvia Galikano, CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2015 06:15 WIB
Perhatikan Hal Ini Sebelum Berkemah Perencanaan matang akan membuat aktivitas luar ruang menyenangkan. (GettyImages/BetaplusZ)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beraktivitas di luar ruang adalah pilihan liburan yang seru. Berkemah selama akhir pekan di tempat terpencil sambil melakukan hal-hal baru tentu akan memberi banyak pengalaman berharga.

Anda bisa mandi di sungai, memancing, hiking, menatap bintang-bintang, atau hanya ingin menghabiskan hari dengan membaca. Namun sebelum menikmati keseruan itu, ada perencanaan matang yang harus dipenuhi agar perjalanan menyenangkan.

Berikut daftar dos & don’ts yang bisa jadi acuan sebelum menghabiskan akhir pekan di tempat terbuka:


Buat perencanaan. Jangan sampai perjalanan jadi tak nyaman akibat kurangnya perencanaan. Jangan sampai, misalnya, begitu Anda sampai di tempat penyewaan tenda, semua tenda sudah habis disewa.

Periksa lagi peralatan berkemah Anda. Buatlah daftar peralatan yang diperlukan sesuai dengan jenis perjalanan yang akan ditempuh. Apakah akan backpacking atau berkemah bersama keluarga di camping ground mewah di kaki gunung. Membuat daftar dapat menghindarkan Anda dari belanja dadakan.

Jangan tinggalkan benda penting ini saat berkemah. Benda-benda yang harus dibawa dalam ransel antara lain peralatan P3K, kompas, peta, dan peralatan darurat seperti obat antiserangga. Benda-benda tersebut memang sepertinya merepotkan, tapi tetap saja begitu terjadi masalah kecil dalam perjalanan, Anda akan butuh penyemprot serangga atau kelambu portable yang tadi ditinggalkan di rumah.

Tinggalkan satu fotokopi itinerary di rumah. Tinggalkan fotokopi rencana perjalanan di rumah, agar teman dan keluarga dapat mengira-ngira Anda sedang ada di mana dan kapan akan pulang. Jika terjadi hal darurat, mereka tahu Anda sedang ada di mana dan hendak ke mana.

Cari tahu kebijakan membawa hewan piaraan. Sebagian besar taman nasional tidak mengizinkan hewan piaraan dibawa untuk berkemah. Namun beberapa daerah, termasuk camping ground milik swasta, menetapkan biaya tambahan jika membawa hewan piaraan. Jika Anda membawa anjing, jangan lupa bawa juga tali kekang, mangkuk air yang dapat dilipat, dan makanan anjing dalam jumlah banyak.


Tiba sebelum malam. Menyiapkan tenda saat sudah gelap lumayan merepotkan bahkan untuk camper berpengalaman sekalipun. Dengan datang lebih awal membuat Anda sempat memeriksa kondisi sekeliling. Membuat api unggun untuk memasak dan menghangatkan diri juga lebih leluasa saat masih terang.

Pertimbangkan orang lain juga. Hargai privacy dan penghidupan orang lain. Jika diminta pindah, pindahlah, jangan ngotot mendirikan tenda di situ. Perhatikan agar tenda Anda jauh dari jalan utama dan jauh dari kebun/rumah milik orang lain agar tidak mengganggu.

Ikuti protokol keselamatan kebakaran. Untuk menjaga Anda dan alam aman dari kebakaran, mengikuti protokol keselamatan kebakaran adalah wajib hukumnya. Jangan menumpuk kayu tinggi-tinggi agar api tetap kecil dan dapat dikontrol.

Jangan takut mencoba hal baru. Mencoba aktivitas yang belum pernah dilakukan adalah cara seru menghabiskan liburan. Anda bisa lari 5 kilometer atau hiking dengan mengambil jalur yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Jangan makan itu-itu saja. Sarapan mi instan, makan siang mi instan, lalu makan malam mi instan lagi? Yang benar saja. Dengan perencanaan dan membawa peralatan yang tepat, Anda dapat berkreasi saat masak di api unggun. Bermodalkan wajan datar, misalnya, Anda dapat membuat telur ceplok, membuat pancake, dan membuat ikan panggang (lebih enak lagi jika ikannya baru saja dipancing).

Jangan tinggalkan makanan tanpa pengawasan. Kemah harus rapi sebelum Anda pergi hiking seharian atau sebelum pergi tidur. Ikuti petunjuk yang ditetapkan di tempat berkemah atau tanyakan pada ranger tentang keamanan makanan guna menghindari datangnya hewan yang tak diinginkan. Beberapa tempat berkemah menyediakan locker untuk menyimpan makanan selama Anda berkemah.

Jangan tinggalkan jejak di tempat berkemah. Bawa pulang semua yang Anda bawa, khususnya sampah. Anda harus meninggalkan tempat itu dalam keadaan sama seperti saat datang. Bawa juga kantong sampah ekstra untuk mengumpulkan sampah yang tercecer oleh camper lain.

(sil/sil)