Indonesia Jadi Target Lokasi Hotel Bawah Laut Futuristik

Windratie, CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2015 15:30 WIB
Indonesia Jadi Target Lokasi Hotel Bawah Laut Futuristik Hotel Planet Ocean Underwater. (Dok. planetoceanunderwaterhotel.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para pencinta petualangan sebentar lagi dapat menikmati kehidupan bawah laut dengan memesan kamar di hotel futuristik di dasar laut.

Hotel Planet Ocean Underwater telah menerima persetujuan dari Badan Merek Dagang dan Hak Paten Amerika Serikat sebagai hotel bawah laut pertama di dunia. Beberapa lokasi yang menjadi tempat favorit para desainer untuk dibangunnya hotel ini adalah Indonesia, Filipina, Malaysia, Mesir, Hawaii, dan Bahama.

Para tamu akan disuguhi oleh panorama kehidupan bawah laut yang tiada duanya di kedalaman sekitar 8,5 meter di bawah permukaan laut. Proyek ambisius ini bertujuan untuk membuat hotel mewah di bawah permukaan laut, sehingga tamu bisa sekaligus mendapatkan pemandangan taman laut.


Tony Webb, yang arsitek hotel tersebut mengatakan, “Saya menyebutnya sebagai inner space tourism, dan industri baru ini sekarang siap diluncurkan ke perbatasan lautan.”

Sementara itu, pembangunan hotel ini juga memiliki tujuan filantropi yakni memberikan kembali kepada masyarakat lewat program restorasi terumbu karang Biorock yang terancam punah.

“Kami sudah memilih lokasi-lokasi unggul di dunia untuk menguji unit hotel kami, dan jika izin dikeluarkan maka pembangunan akan segera dimulai,” tambahnya.

Bukan hanya bangunan tempat menginap dengan pemandangan spektakuler, hotel ini juga punya kemampuan navigasi layaknya kapal laut. Hotel dapat menavigasi perairan laut menggunakan teknologi propulsi elektromekanis. Dengan teknologi ini, hotel dapat melakukan persiapan ketika terjadi badai.

Dengan modal sebesar US$3 juta atau sekitar Rp41 miliar, pembeli dapat membeli unit tunggal Hotel Planet Ocean Underwater dan menempatkannya sesuai dengan lokasi yang disetujui. Sementara itu desain hotel dengan 12 kamar ini bernilai US$20 juta atau sekitar Rp276 miliar.

(win/les)