Casu Marzu, Keju yang Dimakan Bersama Belatung Hidup

utw, CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2015 15:48 WIB
Casu Marzu, Keju yang Dimakan Bersama Belatung Hidup Ilustrasi keju dari domba.(Thinkstock/Shaiith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bisa jadi ada ribuan jenis keju yang diproduksi di dunia. Namun keju yang satu ini, yang disebut sebagai casu marzu punya keunikan sendiri yang agak menjijikkan sebenarnya.

Keju ini disajikan dalam kondisi diselubungi belatung. Tak hanya disajikan saja, namun keju ini juga dimakan bersama belatungnya dalam kondisi belatung itu masih hidup.

Keju casu marzu sering kali disebut sebagai keju paling berbahaya di dunia. Ini adalah jenis keju ilegal yang pertama kali ditemukan di Sardinia, Italia. Dibuat dari susu domba dan dikerumuni dengan belatung.


Karena risiko kesehatan yang dikandung keju ini, Uni Eropa melarang keju ini. Namun ternyata keju jenis ini masih bisa ditemukan di pasar gelap Eropa.

Seperti dikutip dari Huffington Post, casu marzu dibuat selama beberapa bulan. Pertama dibuat dulu keju tradisional bernama pecorino dengan memanaskan susu domba, lalu dibiarkan mengendap dan diawetkan selama tiga minggu.

Setelah itu bagian yang mengeras dipotong dan didiamkan. Selama didiamkan ini keju akan mengundang lalat untuk makan dan bertelur di permukaan keju. Lalu keju itu akan dibiarkan di dalam gubuk yang gelap selama tiga minggu sehingga telur lalat mulai berubah menjadi larva.

Ketika larva itu makan keju yang mulai membusuk, keju akan memasuki sistem pencernaan larva yang akan menghasilkan rasa dan tekstur keju baru yang sangat berbeda.

Keju casu marzu biasanya dimakan dalam kondisi larva atau belatung dalam kondisi hidup. Belatung yang mati menandakan keju yang berada dalam tubuhnya sudah dalam kondisi rusak. Saat belatung dalam kondisi hidup, sehat dan bisa melompat tinggi ketika diganggu.

Mereka yang memutuskan ingin menyantap keju dalam tubuh belatung ini mesti berpikir berulang kali dulu.  Ingatlah untuk menggigit belatung sampai mati sebelum menelannya. Jangan biarkan belatung hidup masuk ke pencernaan dan membuat usus jadi bolong.

Keju casu marzu biasanya disajikan dengan roti yang lembab dan segelas red wine yang sangat keras.  Keju ini diyakini sebagian orang sebagai aprosidiak atau makanan pembangkit gairah seksual, maka tak heran biasanya dikonsumsi saat perayaan pernikahan atau perayaaan dalam keluarga.

(utw)