11 Keahlian yang Harus Dipelajari Orang-orang di Usia 20-an

Windratie, CNN Indonesia | Jumat, 11/12/2015 13:58 WIB
11 Keahlian yang Harus Dipelajari Orang-orang di Usia 20-an Ilustrasi perempuan dewasa muda. (TongRo Images/thinkstockpotos.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Orang-orang dewasa muda di usia 20-an perlu memiliki banyak keterampilan penting. Dilaporkan oleh Independent, berikut adalah keterampilan hidup berguna yang sebaiknya dimiliki oleh orang-orang di usia 20-an seperti disimpulkan oleh situs Quora.

1. Bagaimana menjadi orang yang jujur
Ketika datang terlambat ke sebuah pertemuan, mungkin Anda akan tergoda untuk menyalahkan kemacetan atau kereta yang tertunda.

Michael Hoffman, pengguna Quora mengatakan, “Minta maaf saja. Anda tidak perlu memberikan rincian. 'Perencanaan saya buruk' seratus kali lebih baik daripada mempertaruhkan integritas Anda dengan menyalahkan lalu-lintas.


2. Bagaimana menerima kritikan
Tidak ada yang suka diberitahu bahwa mereka salah, bahkan jika itu bertujuan agar bisa melakukan sesuatu dengan lebih efektif. Pengguna Quora Abhinav Gupta mengatakan, sangat mudah untuk membenci atau mengabaikan orang yang mengkritik Anda.

Gupta berkata, untuk dapat berhasil dalam hidup seseorang harus selalu menerima kritikan, dan menanggapi kritikan secara positif, dan jangan membenci orang yang menunjuk kesalahan Anda.

3. Bagaimana memulai percakapan yang menarik
“Memulai percakapan barangkali merupakan keterampilan yang paling diremehkan,” kata pengguna Quora Deepak Mehta, yang mengaku dirinya adalah seorang pemalu yang sulit melakukan hal tersebut.  Namun, pengalaman mengajarkan padanya, jika Anda berani memulai percakapan dengan orang di sebelah Anda, Anda akan mudah memiliki teman baru, koneksi bisnis, atau wawasan baru.

4. Bagaimana meminta sesuatu yang diinginkan
“Kemampuan meminta adalah yang termudah, keterampilan yang paling kurang dimanfaatkan untuk melontarkan karier Anda,” kata seorang pengguna Quora anonim. Namun, jika Anda tidak mengumpulkan keberanian untuk meminta kenaikan gaji, promosi, atau kesepakatan penjualan yang lebih besar, Anda tidak akan memiliki kesempatan tersebut, katanya.

5. Bagaimana menjaga janji
Mungkin Anda pernah berjanji kepada seorang teman untuk datang ke pesta ulang tahunnya. Atau mungkin setuju untuk menyelesaikan tugas tambahan dari atasan. Apapun situasinya, Anda harus berusaha sepenuhnya memenuhi janji tersebut.

“Melanggar janji maka orang-orang akan kehilangan kepercayaan kepada Anda, yang akan sulit untuk diperbaiki,” kata Hoffman.

6. Cara berkomunikasi efektif
Apapun kariernya, Anda selalu dapat meningkatkan cara berbicara dan menulis. Seorang pengguna Quora mengatakan, “Tantang diri Anda untuk menulis dengan baik dalam email atau belajar berkomunikasi efektif di rapat.”

7. Bagaimana menjadi tangguh
Hidup seseorang akan terikat pada kesedihan dan frustasi, selain kebahagiaan dan sukacita. Carolyn Cho mengatakan, di masa dewasa awal, Anda harus mengetahui bagaimana pullih dari kemalangan.

Menurutnya, di usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk bereksperimen, gagal, dan bangkit kembali. Pelajari cara untuk keluar dari kegagalan dan bagaimana menjadi pribadi yang tekun. Hidup itu penuh tantangan, 20-an adalah waktu yang tepat untuk melatih ketegaran dan menjadi orang bermental tangguh.

8. Bagaimana cara mengelola kemarahan
Syed Abbas Rizvi Muswair, seorang pengguna Quora mengatakan, Anda dapat menyalurkan kemarahan dan frustasi ke arah positif. Kemarahan dapat merangsang kreativitas setidaknya untuk sementara.

“Kemarahan dapat memberdayakan Anda melakukan hal-hal tak terpikirkan dan tak terbayangkan, tapi itu jika Anda mempelajari seni mengelola kemarahan.”

9. Bagaimana berurusan dengan penolakan
Banyak orang di usia 20-an mencoba pengalaman, pekerjaan, kekasih baru. Beberapa dari usaha tersebut bisa berhasil bisa juga gagal. Menurut Joe Choi, ini adalah kesempatan yang baik untuk belajar menerima penolakan, baik itu untuk pekerjaan atau kekasih impian.

10.  Bagaimana belajar tanpa buku teks
Belajar sebaiknya tidak terbatas di sekolah saja. Belajar bisa di mana saja, kapan saja, dan dengan siapapun, kata Lenny Kho. “Biarkan pikiran Anda terbuka luas.” Anda harus mencari cara-cara baru untuk memperluas wawasan. Membaca buku,  belajar bahasa asing, atau kursus musik, apapun yang paling membuat Anda bersemangat.

11. Bagaimana untuk bersabar
Ambisius dan bekerja keras adalah karakter penting untuk mencapai tujuan. Namun, cobalah untuk tidak frustasi, jika di usia 25 Anda masih belum dapat mencapai promosi atau impian lain tersebut.

Pengguna Quora Steve Kobrin mengatakan, “Hal-hal yang baik tidak pernah terjadi dalam semalam. Butuh waktu untuk memelihara dan menumbuhkannya. Butuh banyak kerja keras, menguji dan mencoba, dan belajar dari kesalahan.”

(win/win)