Pao de Queijo, Si Roti Keju Gurih Khas Negeri Samba

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 14/12/2015 06:52 WIB
Pao de Queijo, Si Roti Keju Gurih Khas Negeri Samba Pao de Queijo, mirip seperti roti keju, merupakan camilan khas Brasil.(CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Matahari di Kamerun sudah beranjak turun, namun pintu rumah Duta Besar Brasil untuk Kamerun masih terbuka lebar. Dengan senyum mengembang dan ramah, H E Nei Futuro Bitencourt, sang duta besar menyapa dan menanyakan kabar.

"Perjalanan jauh ya sampai ke sini," katanya ramah. Perjalanan dari Douala ke Yaounde, ibukota Kamerun sekaligus kota tempat tinggal sang duta besar, memang berjarak 3-4 jam perjalanan darat.

Tantangannya bukan hanya karena jarak tempuh yang cukup jauh, tapi juga kondisi jalan raya. Kondisi jalan Douala-Yaounde rusak parah dan banyak lubang-lubang besar di tengah jalan. Debu tebal dari kendaraan 'transformer' lain dan debu jalanan beterbangan masuk ke dalam bus tak ber-AC.


Beruntung, sampai di rumah sang duta besar, meski tak dijamu makan besar, dia masih berbaik hati memberikan jus segar dan camilan yang nikmat.

"Ini semua camilan khas Brasil," kata H E Betancourt seraya menunjuk dua jenis kue kering yang disajikan.

"Tapi yang paling khas itu yang ini, Pao de Queijo. Sejenis roti keju. Pao adalah roti dalam bahasa Portugis, dan Queijo adalah keju."

Tanpa pikir panjang, satu per satu 'roti keju' ini langsung lenyap dari piring. Benar saja kata H E Betancourt, kue ini enak.

Ada rasa gurih yang terselip dibalik empuk dan tipisnya roti. Sekilas bentuknya mirip dengan roti pipih yang berisi keju. Ditambah lagi ada parutan keju kecil yang terbakar di atasnya. Mirip kastangel, namun sedikit manis gurih.

Bagian atasnya gurih dan renyah. Namun begitu menggigit bagian dalamnya akan terasa tekstur yang lembut. Rasa kejunya mendominasi keseluruhan kue yang santap. Enaknya lagi, kue ini dibuat seukuran kecil yang cocok untuk satu sampai dua suap saja.

"Bahan dasarnya hanya untuk bahan membuat roti dan keju. Itu saja."

Saat jamuan kue kering, Pao de Queijo ini dihidangkan dengan secangkir kopi atau jus bissap. Jus bissap adalah jus bunga rosela yang berwarna gelap kemerahan. Di dalamnya ditambahkan lagi jus buah cranberry.

"Ini bagus untuk kesehatan, karena seperti minuman herbal. Jus ini asli dari Kamerun," ucapnya.

Campuran rosella dan juga cranberry di dalamnya menambahkan rasa sedikit asam namun menyegarkan. Ditambahkan es batu ke dalamnya, jus yang sedikit kental kemerahan dan berwarna merah pekat mirip darah ini pasti akan lebih segar.

Namun kebanyakan masyarakat yang tinggal di sana, lebih suka mendinginkan jusnya dibanding harus menambahkan es batu ke dalamnya. Mungkin agar rasanya tak rusak karena tambahan es batu yang mencair.

"Kalau di Brasil, kue ini digunakan sebagai sarapan. Sebagai pendampingnya biasanya sambil minum jus jambu." (chs/chs)