Kriteria Pasangan Ideal yang Dicari Pria dan Wanita

Windratie, CNN Indonesia | Selasa, 15/12/2015 04:50 WIB
Kriteria Pasangan Ideal yang Dicari Pria dan Wanita Ilustrasi pasangan. (Thinkstock/karelnoppe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa yang dicari dari sebuah hubungan? Barangkali Anda mendambakan pasangan yang membuat humoris atau pasangan yang jago masak? Masing-masing orang memiliki kriteria pasangan ideal untuk hubungan jangka panjang. Namun, banyak studi mengatakan, ada faktor-faktor yang menentukan preferensi berbeda-beda seseorang terhadap laki-laki dan perempuan.

Seorang peneliti di Universitas Binghamton mengatakan, perempuan berevolusi menjadi lebih baik dalam membina hubungan daripada laki-laki, juga lebih baik dalam memilih pasangan baru.  Kebutuhan yang sama untuk memilih pasangan yang baik membuat perempuan sangat selektif dalam mengencani laki-laki.

Dilaporkan oleh Independent, sebuah penelitian dilakukan oleh Shakelford, Schmitt, dan Buss pada 2005.


Mereka menggunakan data dari survei terhadap 4.499 laki-laki dan 5.310 perempuan dari 37 budaya di enam benua dan lima pulau dengan rata-rata usia 22-23 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa preferensi laki-laki dan perempuan dapat terlihat dari empat dimensi berikut ini.

Cinta vs status: Orang-orang cenderung melihat dari sisi psikologis. Entah mencari pasangan yang ambisius dengan prospek keuangan yang baik dan status tinggi, atau seorang yang penyayang dan tertarik kepada mereka.

Diandalkan/ stabil vs penampilan/ kesehatan: Seseorang mencari kekasih dengan kriteria stabil dan matang, atau tampan dan sehat.

Pendidikan/ kecerdasan vs keinginan memiliki keluarga dan anak-anak: Seseorang memilih pasangan entah itu yang lebih berpendidikan dan  cerdas, atau lebih berorientasi menginginkan sebuah keluarga dan anak-anak.

Sosialisasi vs keyakinan sama: Orang-orang akan memilih pasangan pasangan yang mudah bergaul dan secara keseluruhan berkepribadian menyenangkan, atau seseorang dengan agama yang sama.

Penelitian Shakeford menyoroti bagaimana laki-laki dan perempuan kerap berbeda pada aspek-aspek tertentu, misalnya penampilan, kepribadian, pendidikan, dan seberapa besar dia dapat diandalkan.

Laki-laki dilaporkan cenderung mencari pasangan yang menarik secara fisik dan sehat. Sementara, perempuan cenderung memilih pasangan berdasarkan status dan apa yang dimilikinya, misalnya laki-laki yang berpendidikan, dapat diandalkan, dan cerdas.

Sementara itu, para peneliti menemukan, tidak ada perbedaan ketika pilihan baik pada laki-laki atau perempuan untuk preferensi berdasarkan kemampuan bersosialisasi atau keyakinan yang sama.

(win/win)