Ada Barong, Tuk-Tuk dan Pelawak di Miss Universe 2015

Tri Wahyuni & Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Sabtu, 19/12/2015 05:29 WIB
Ada Barong, Tuk-Tuk dan Pelawak di Miss Universe 2015 Miss Great Britain 2015 Narissara Nena France dan Miss Mexico 2015 Wendy Esparza. (REUTERS/Patrick Prather)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berbalut gaun biru ketat, dengan hiasan bulu-bulu, ekor dan payet bertaburan. Tidak ketinggalan rambut berwarna ungu muda serta bando berbentuk kacamata jumbo, Monika Radulovic, sukses memikat para juri dan tamu undangan di malam presentasi Kostum Nasional Miss Universe 2015.

Dengan bangga, Radulovic mengatakan dia mengenakan gaun yang terinspirasi dari Dame Edna, karakter pelawak sohor yang diperankan Barry Humphries.

Melansir laman Daily Mail, gaun yang dikenakan finalis berusia 25 tahun itu, dirancang oleh desainer asal Sidney, Timothy Cubbo.


Dia menerangkan, Dame Edna adalah karakter ikonik Australia dan dekat di hati para penduduknya. Buktinya, masyarakat Australia memilih gaun Dame Edna untuk dikenakan Radulovic di final Miss Universe di Las Vegas.

Selain gaya khas Dame Edna, Cubbo juga menempatkan lengkungan berundak di bagian bahu, yang mencerminkan landmark ikonik Australia, Sidney Opera House. Adapun, Cubbo menambahkan motif yang menyerupai Great Barrier Reef di rok lebar yang menyertai gaun tersebut.

“Saya tidak bisa memikirkan inspirasi lain yang lebih tepat sebagai kostum nasional selain Barry Humphries dan alter egonya, Dame Edna,” kata Cubbo, saat diwawancara media lokal Amerika Serikat, Sunrise.

Rupanya, keyakinan Cubbo menulari Radulovic yang berjalan dengan percaya diri di catwalk Miss Universe.

Sementara, menambah semangat Radulovic, Cubbo menuliskan kata-kata penuh dorongan di akun Instagram-nya.

“Ini hari yang besar! Kompetisi Kostum Nasional Miss Universe telah dimulai. Semoga sukses @monika-rad,” tulis Cubbo.

Tentu saja, Radulovic bukan satu-satunya finalis yang tampil memukau. Miss Brazil, Marthina Brandt tampil cerah dengan warna kuning keemasan. Adapun Miss Thailand, Aniporn Chalermburanawong, membuat pernyataan mode lewat gaun 'Tuk Tuk Thailand’.

Lainnya, Miss Curacao tampil ala ‘Avatar’ dengan wajah berwarna biru dan busana penuh sequin. Miss Nicaragua terlihat seperti merak berwarna biru dan perak.

Indonesia Pilih Barong

Perwakilan Indonesia di Miss Universe 2015, Anindya Kusuma Putri dalam balutan kostum nasional bertema Barong Bali. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Dari Indonesia, Anindya Kusuma Putri membawa kostum nasional yang tak kalah heboh. Anin, begitu dia akrab disapa, memboyong gaun bertema ‘Mythical Eyes on Barong’ besutan desainer Dynand Fariz.

“Setelah mengangkat tema Candi Borobudur tahun lalu, tahun ini saya ingin mengekspos Bali,” kata Dynand kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Meski Bali bukan lagi menjadi hal yang baru dan sudah dikenal dunia internasional, Dynand dan tim perancangnya dari Jember Fashion Carnaval tetap membawa Pulau Bali, namun dengan tema yang lebih spesifik lagi.

Dalam mitologi Bali, Barong adalah dewa semangat dan simbol kebaikan. Barong juga menjadi salah satu pertunjukkan budaya yang kerap diburu wisatawan ketika datang ke Bali.

Busana buatan tangan ini terlihat begitu megah dengan detail-detail dan ukiran yang menawan. Tingginya mencapai dua meter dengan berat 27 kilogram.

Bahan yang digunakan untuk kostum ini terdiri dari kerangka besi, detail berupa lempengan permata, kain poleng, dan detail kalung. Rambut putih pada barong pun tak ketinggalan menjadi detail dalam kostum ini. Pembuatannya memakan waktu satu bulan.

Tahun lalu, Indonesia berhasil memboyong gelar Best National Costume pada Miss Universe 2014. Tak heran jika kali ini masyarakat Indonesia juga menantikan prestasi serupa. (les)