Segudang Prestasi Maria Harfanti di Miss World 2015

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Selasa, 22/12/2015 16:16 WIB
Segudang Prestasi Maria Harfanti di Miss World 2015 Maria Harfanti (kanan) di malam final Miss World 2015 di Sanya, China. (REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Sanya, China, menjadi saksi sejarah baru di dunia kecantikan. Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil mencatatkan diri masuk sebagai tiga besar di ajang Miss World. Prestasi tersebut ditorehkan Maria Harfanti, Miss Indonesia 2015.

Bukan hanya diumumkan di panggung internasional sebagai juara ketiga ajang bergengsi tersebut, dia juga menyabet penghargaan lainnya, yakni pemenang fast track kategori ‘Beauty With a Purpose’. Kemenangan itu sekaligus mengamankan posisi Maria di 10 besar Miss World 2015.

Selanjutnya, talenta, kecerdasan dan kemampuan bersosialiasi yang mengantar Maria sampai ke jajaran tiga besar.


Adapun, prestasi lain yang sukses diboyong Maria Harfanti di ajang Miss World 2015 adalah Top 7 Interview, Top 13 Talent, Top 15 Multimedia, Top 10 World's Fashion Designer Award, dan Top 25 People's Choice.

Hal itu, tentu saja memberikan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia.

“Maria memecahkan rekor dunia sebagai Miss Indonesia di ajang Miss World. Maria telah membawa harum nama Indonesia,” tutur Chairwoman Yayasan Miss Indonesia Liliana Tanoesoedibjo, dalam rilis pers yang diterima CNNIndonesia.com.

Wanita yang akrab disapa Lili tersebut mengatakan, sebagai satu-satunya wakil Asia yang berada di jajaran tiga besar, membuat Maria Harfanti juga otomatis menyandang gelar Miss World Asia 2015.

“Maria menjadi satu-satunya kontestan dari Asia yang berhasil menduduki runner up kedua atau peringkat ketiga di Miss World 2015. Ini merupakan pencapaian tertinggi bagi Indonesia di ajang Miss World,” kata Lili.

Selama lima tahun terakhir, peringkat Indonesia di ajang Miss World, terus bersinar. Pada ajang Miss World 2011, Miss Indonesia Astrid Elena berhasil meraih peringkat ke 8. Berikutnya pada Miss World 2012 Miss Indonesia Ines Putri meraih peringkat ke 9. Kemudian pada Miss World 2013 yang diselenggarakan di Indonesia, Miss Indonesia Vania Larissa berhasil meraih peringkat ke 7. Sedangkan pada Miss World 2014 yang lalu, Miss Indonesia Maria Rahajeng berada di top 15.

Cantik yang Bertujuan

Bukan hal yang mudah bersaing masuk di tiga besar Miss World, Maria harus bersaing ketat dengan ratusan kontestan lainnya. Mereka tak hanya cantik, tapi penuh talenta dan punya misi sosial yang besar.

Tahun ini, di ajang Miss World 2015, Maria Harfanti membawa proyek tentang sanitasi dan penyediaan air bersih di Kampung Kamancing, Padgeglang, Banten, untuk dipresentasikan di ajang fast track Beauty With A Purpose.

Maria Harfanti, Miss Indonesia 2015 asal Yogyakarta. (CNN Indonesia/Utami Widowati)
Di laman Facebook Miss World-Indonesia, wanita berusia 23 tahun tersebut menuliskan pengalamannya memperjuangkan sanitas dan pengadaan air bersih di Kampung Kamancing.

"Keadaan desa ini gersang dan tingkat sanitasinya sangat buruk. Desa Kamancing tidak memiliki satupun MCK dan para penduduk terbiasa untuk buang air di sembarang tempat,” tulisnya. “Krisis air bersih juga merupakan masalah yg belum terselesaikan. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga desa Kamancing selama ini menggunakan air keruh yg berasal dari kubangan yg terletak di dekat pemukiman.”

Maria menambahkan, miskinnya infrastruktur, minimnya air bersih, dan kotornya lingkungan membuat mereka sangat mudah terserang berbagai penyakit, mulai dari diare hingga penyakit kulit.

Demi membantu para warga Kamancing, Maria turun tangan langsung. Mulai dari survei, menggalang dana, serta ikut melakukan pengerjaan pembuatan sanitasi saluran air bersih dan MCK di Kampung Kamancing.

“Tidak heran bila Maria memenangkan juara Beauty with a Purpose,” kata Liliana.

Selain memiliki ketulusan dalam membantu sesama, Maria Harfanti juga punya banyak talenta. Sejak kecil, dia mahir bermain piano dan bernyanyi. Usai mendapat gelar sarjana di Universitas Trisakti, Maria kini terdaftar sebagai mahasiswi magister manajemen Universitas Indonesia. (les)