Indonesia Destinasi Snorkeling Terbaik Dunia

Lesthia Kertopati | CNN Indonesia
Rabu, 23 Dec 2015 19:48 WIB
Dalam daftar destinasi wisata bawah laut terbaik versi laman CNN, Indonesia berada di peringkat pertama, mengalahkan Filipina, Australia dan Hawaii. Misool, Raja ampat, Papua Barat. (Dok. Ebbie Vebri Adrian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berlibur ke pantai, pastilah kurang ciamik tanpa mencicipi sedikit keindahan bawah laut. Snorkeling adalah cara terbaik mengintip indahnya karang dan ikan-ikan berwarna-warni. Namun, kadang, ketika berlibur bersama kelompok, tidak mudah menemukan tempat indah dimana Anda bisa tenggelam dalam warna-warni lautan, tanpa terganggu kerumunan orang.

Tapi, di beberapa destinasi wisata snorkeling terbaik pilihan CNN, ternyata ada dua taman laut Indonesia. Lebih dari itu, kedua taman laut tersebut berada di peringkat paling atas.

Pantai di Loh Liang Pulau Komodo. (CNN Indonesia/Silvia Galikano)
CNN tentu saja tidak sembarangan membuat daftar. Mereka melakukan survei dan wawancara kepada ahli biologi kelautan, guna mendaftar destinasi snorkeling terbaik di dunia. Dimana saja?


Destinasi pertama adalah Raja Ampat, Papua. Tidak hanya di Indonesia, Raja Ampat juga menjadi permata taman laut dunia. Para pakar biologi kelautan mengatakan sangat sulit menemukan taman laut dengan keanekaragaman hayati biota laut, terutama koral, selengkap di Raja Ampat. Disebutkan, bahwa Raja Ampat merupakan rumah bagi 75 persen biota koral dunia, yang menjadi habitat bagi lebih dari 1000 spesies ikan, penyu, hiu, dan pari manta.

Bagi mereka pencinta snorkeling dan olahraga selam, Raja Ampat adalah surga. Bagaimana tidak, di area seluas 50 ribu km persegi tersebut terbentang taman laut yang memanjakan mata.

“Setiap hari, Raja Ampat memberikan pengalaman yang berbeda,” kata ahli biologi kelautan dan pemandu snorkeling Lee Goldman dari Coral Triangle Adventures.

Kedua adalah Taman Nasional Komodo. Menilik namanya, tentu saja yang jadi bintangnya adalah komodo, tapi taman nasional ini juga punya keindahan bawah laut yang tak kalah memikat. Alasannya, tentu saja karena taman laut yang merupakan situs warisan dunia ini dilindungi. Imbasnya, keanekaragaman hayati berkembang pesat.

“Snorkeling di Pulau Komodo seperti berada di dunia lain,” ujar Goldman.

Destinasi lainnya yang juga masuk daftar CNN adalah Pulau Galapagos di Ekuador. Selain taman bawah laut, pulau ini menawarkan aneka satwa imut seperti pinguin dan singa laut.

Keindahan bawah laut Parigi Moutong, Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. (Dok. Photodivetrip Publishing)
Berikutnya, ada The Coral Triangle Asia Pasifik yang menghubungkan perairan di Kalimantan Timur, Bali, Filipina, hingga kepulauan Soloman. Coral Triangle disebut sebagai pusat kekayaan hayati laut dengan luas 647 juta hektar daratan juga lautan. Di perairan ini juga hidup enam dari tujuh spesies penyu langka di dunia.

Lokasinya yang dekat dengan The Coral Triangle membuat Filipina juga menjadi destinasi eksotis bagi para pencinta snorkeling, terutama di Bay of Donsol. Menurut Jim Sano, vice president travel, tourism and conservation World Wide Fund for Nature (WWF), Bay of Donsol adalah rumah bagi para hiu paus, spesies ikan terbesar di dunia.

Lokasi-lokasi lain yang juga masuk daftar CNN adalah Palau, Silver Banks di Republik Dominika, Great Barrier Reef Australia, dan Kealakekua Bay Hawaii.

(CNN/les)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER