5 Hal yang Membuat Orang Tidak Suka Anda Secara Instan

Windratie, CNN Indonesia | Sabtu, 26/12/2015 13:45 WIB
5 Hal yang Membuat Orang Tidak Suka Anda Secara Instan Ilustrasi orang berbincang-bincang. (Thinkstock/Hemera Technologies)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak hal yang dapat membuat orang-orang menjauh dari Anda. Kenyataannya, tidak diperlukan banyak usaha untuk membuat seseorang tidak menyukai Anda.

Cukup melihat aktivitas di sosial media atau dari perkenalan pribadi yang santai. Lewat cara itu, seseorang sudah dapat menyadari bahwa dia tidak ingin menghabiskan waktu dengan orang tertentu.

Dilaporkan oleh Independent, berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat seseorang tidak suka terhadap orang lain dalam sekejap.


1. Membagikan terlalu banyak foto di Facebook

Mungkin Anda sangat bersemangat membagikan hasil jepretan di media sosial ketika bulan madu, pesta keluarga, dan semua hal dalam tempo 24 jam.

Namun, penelitian menemukan, menampilkan terlalu banyak foto di Facebook dapat menyakiti hubungan sosial Anda di dunia nyata.

“Itu karena orang-orang, selain sahabat dan keluarga, tidak akan menganggap memiliki hubungan baik dengan orang yang terus-menerus membagikan foto-foto dirinya,” kata penulis utama penelitian, David Houghton.

Secara spesifik, teman tidak akan suka melihat Anda membagikan terlalu banyak foto keluarga di media sosial, dan keluarga tidak akan suka ketika Anda mengunggah terlalu banyak foto teman-teman Anda.

2. Punya terlalu banyak atau terlalu sedikit teman Facebook

Dalam sebuah studi, peneliti meminta sejumlah mahasiswa untuk melihat profil Facebook fiktif.

Mereka diminta ditanya seberapa besar mereka suka dengan profil pemilik Facebook.

Penelitian dilakukan pada 2008, dan masing-masing mahasiswa memiliki sekitar 300 teman di Facebook.

Hasilnya, tingkat seseorang untuk menyukai berada pada titik paling rendah ketika pemilik akun Facebook hanya memiliki 100 teman, dan sama rendahnya ketika pemilik akun memiliki lebih dari 300 teman.

“Individu dengan teman terlalu banyak tampak fokus terlalu besar pada Facebook.”

3. Mengungkap hal yang sangat personal di awal hubungan

Pada umumnya, seseorang akan lebih menyukai satu sama lain saat suda ada kepercayaan diri dalam dirinya.  Nyatanya, mengungkapkan jati diri adalah salah satu cara terbaik untuk menjalin pertemanan pada orang dewasa.

Namun, para psikolog mengatakan, mengungkap sesuatu yang terlalu personal, misalnya saudara perempuan Anda yang berselingkuh, saat Anda masih mencoba mengenali sesorang dapat menunjukkan bahwa Anda tidak nyaman.

4. Memberikan pertanyaan tanpa bercerita tentang diri Anda sama sekali

Studi oleh Susan Sprecher menemukan hal yang memberatkan pada ide bahwa pengungkapan diri dapat memberikan kedekatan. Pengungkapan diri harus timbal balik.

Orang-orang cenderung tidak terlalu menyukai Anda ketika Anda tidak membalas pengungkapan diri yang mendalam.

5. Menyembunyikan emosi

Penelitian mengungkap, memperlihatkan perasaan asli Anda diliperlihatkan adalah strategi yang baik agar orang-orang menyukai Anda, daripada menyembunyikannya.

Para peneliti mengatakan, “Orang tidak mengejar hubungan dekat secara pandang bulu. Mereka cenderung mencari orang-orang yang membalas apa yang mereka investasikan (lakukan). Jadi ketika seseorang mendeteksi Anda menyembunyikan emosi, dia akan menginterpretasikannya sebagai ketidaktertarikan dalam hal-hal yang emosional, seperti kedekatan, dukungan sosial, dan koordinasi antarpribadi.

(win/win)


BACA JUGA