Lima Manfaat Besar Sekantung Kecil Silica Gel

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 30/12/2015 10:51 WIB
Lima Manfaat Besar Sekantung Kecil Silica Gel Silica gel. (Vladyslav Danilin/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di dalam tas baru, Anda pasti menemukan kejutan berupa satu bungkus kecil silica gel. Bungkusan kecil berwarna putih dengan tulisan besar 'Do not eat' ini pasti langsung dibuang ke tong sampah segera setelah Anda membuka tas barunya.

Sebelum mengulangi hal itu lagi, Anda harus tahu bahwa bungkus silica gel ini ternyata punya banyak manfaat. Butiran bening di dalamnya disebut silica gel ini merupakan senyawa yang disebut sebagai silikon dioksida. Ini merupakan senyawa yang tak berbahaya namun punya daya kuat untuk menyerap kelembapan.

Daripada dibuang, sebungkus silica gel ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal lainnya. Mengutip Metro, berikut beberapa manfaat besar dari sekantung kecil silica gel sisa.


1. Menyelamatkan ponsel yang basah
Biasanya untuk menyelamatkan ponsel yang basah, beras adalah senjata paling ampuh. Namun beras bisa 'pensiun' ketika sudah ada silica gel.

Silica gel bisa membantu menyerap air dan kelembapan dari dalam ponsel. Bahkan silica gel diklaim 10 kali lebih efektif dibanding beras.

2. Mengawetkan 'kenangan'
Beberapa foto lama bisa lembap dan akhirnya rusak jika tak disimpan dengan benar. Untuk merawat kertas-kertas foto tua penuh kenangan ini agar tetap awet selama bertahun-tahun, Anda bisa menyimpannya dengan tambahan gel silica.

3. Melindungi kosmetik
Meletakkan silica gel di dalam tas make up akan melindungi kosmetik yang berbahan dasar bubuk menjadi menggumpal dan sulit diaplikasikan.

4. Menghilangkan bau
Silica gel akan menyerap kelebihan kelembapan dari sepatu olahraga Anda setelah dipakai. Dengan kondisi yang kering, bakteri tak akan berkembang di dalam sepatu.

Selain menghilangkan bau dari sepatu, silica gel juga akan menghilangkan bau dari handuk. Caranya letakkan silica gel di antara lipatan handuk.

5. Menjaga kilau perhiasan
Kelembapan akan membuat perhiasan perak dan emas jadi kusam dan memudar warnanya. Letakkan beberapa kantung silica gel dalam kotak perhiasan untuk menghambat proses tersebut.

(chs/les)