Pekerjaan Baru, Resolusi Populer di Tahun Baru

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Sabtu, 02/01/2016 05:20 WIB
Pekerjaan Baru, Resolusi Populer di Tahun Baru Ilustrasi bekerja di kantor. (Thinkstock/Picjumbo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa resolusi Anda di tahun baru ini? Memiliki rumah, mobil atau mungkin mencari pekerjaan baru? Bila Anda merasa 2016 adalah waktu yang tepat untuk hengkang, maka Anda tidak sendirian.

Sebuah survei yang dilakukan Harris Poll dan Career Builder pada 4 November hingga 1 Desember lalu menemukan bahwa satu dari lima karyawan, atau 21 persen koresponden yang terlibat berharap mendapatkan pekerjaan baru 2016 nanti. Angka ini meningkat lima persen dibandingkan tahun lalu.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 3200 pekerja dari berbagai industri di Amerika Serikat. Selain mendapatkan pekerjaan di awal ataupun tengah tahun, sebanyak 30 persen pekerja usia 18 hingga 34 tahun menginginkan pekerjaan baru di akhir 2016.


Bila hanya sekedar keinginan, mungkin resolusi tersebut tidak akan terwujud. Untuk mewujudkan resolusi pindah kerja itu, sebanyak 34 persen koresponden akan secara rutin mencari lowongan baru di laman-laman pencari kerja. Nilai ini meningkat 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Hanya karena seseorang puas dengan pekerjaannya, bukan berarti mereka tidak mencari pekerjaan lain,” kata Rosemary Haefner, kepala divisi sumber daya manusia Career Builder dalam publikasinya. "Karenanya, penting bagi perusahaan untuk mempertahankan mereka dengan memenuhi kebutuhan mereka dan terus menantang mereka agar pekerjaan mereka bermakna."

Keinginan pekerja ternyata bukan hanya ingin pindah pekerjaan, namun setidaknya 38 persen karyawan berharap dapat menabung lebih banyak lagi dari penghasilan yang mereka dapatkan. Keinginan ini berkurang dari tahun lalu yang sebesar 42 persen.

Sebanyak 28 persen pekerja juga mengharapkan bahwa stress di tempat kerjanya akan berkurang dibanding yang terjadi sepanjang 2015. Mereka juga mengharapkan bahwa akan mendapatkan pelatihan dari tempat ia bekerja sehingga kemampuannya bertambah.

Beberapa keinginan memang sama di setiap tahunnya, namun beberapa keinginan karyawan juga ada yang terwujud sepanjang 2015 lalu, yaitu makan sehat di tempat kerja dan tampil lebih baik dalam pekerjaan mereka.

Dalam mencari pekerjaan baru, para koresponden memiliki beberapa faktor yang melandasi pemilihan pekerjaan selain dari gaji dan posisi yang lebih tinggi.

Beberapa faktor tersebut seperti stabilitas dalam pekerjaan sebanyak 65 persen, manfaat yang dapat dirasakan dari pekerjaan tersebut sebanyak 59 persen, lokasi yang lebih dekat dengan kediaman sebanyak 56 persen, atasan yang lebih baik sebesar 51 persen, dan budaya kerja yang baik sebanyak 46 persen. (les/les)