Cerita Pelayan Restoran yang Dikelabui Pelanggannya

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Senin, 04/01/2016 16:47 WIB
Cerita Pelayan Restoran yang Dikelabui Pelanggannya Ilustrasi. (RestaurantAnticaRoma/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekilas, hari itu seperti hari penuh keberkahan buat Garret Wayman, seorang pelayan restoran di Kansas.

Di atas meja yang sudah ditinggalkan pelanggan yang baru saja selesai ia layani, Wayman menemukan benda seperti uang yang sengaja diletakkan di bawah botol saus tomat berwarna merah.

Ketika diamati, benda itu terlihat seperti uang senilai 20 dolar atau setara dengan Rp278 ribu. Melihat hal itu, tentu Wayman senang bukan kepalang apalagi nominal tip yang ia dapatkan terbilang sangat besar untuk restoran tempatnya bekerja.


Tapi, kesenangan itu tak bertahan lama, karena benda yang terlihat seperti uang yang dilipat di bawah botol saus tomat itu bukanlah uang sebenarnya.

Uang tipuan itu hanyalah selembar kertas yang sebagian dicetak menyerupai uang 20 dolar dan sebagian lagi tercetak sebuah pesan.

Pesan tersebut berbunyi, "Jangan mau dibodohi! Anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih berharga lagi daripada uang."

Di sisi lain dari kertas itu, Wayman juga menemukan penjelasan panjang yang bernada religi.

"Dia pergi begitu saja," kata Wayman merujuk pada pelanggannya yang meninggalkan tip palsu itu. "Saya ingin mengatakan padanya bahwa saya hanya menghasilkan 3 dolar per jam dan harus memamerkan tubuh saya saat bekerja, untuk mendapatkan hal yang lebih rendah dari yang saya pantas dapatkan. Tapi dia telah pergi saat saya punya kesempatan untuk mengatakan itu."

Wayman juga mengunggah tip palsu yang ia dapatkan itu ke twitternya yang disertai dengan penjelasan singkat terkait peristiwa tersebut.

Pengguna Twitter lain merespons kicauan Wayman dengan sangat marah dan menawarkan mengirimkan uang dengan besaran yang sama sebagai gantinya.

Tapi Wayman menolak dengan sopan dan mengaku tidak terlalu memikirkan orang yang telah menipunya itu.

(utw)